Rabu 07 Sep 2022 07:20 WIB

Fraksi PDIP Berharap Megawati Pilih Puan Sebagai Capres 2024

Safari politik Puan diharapkan selesai akhir Oktober.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus raharjo
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto usai menerima silaturahmi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang dipimpin Puan Maharani di kediamannya, Kabupaten Bogor, Ahad (4/9).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto usai menerima silaturahmi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang dipimpin Puan Maharani di kediamannya, Kabupaten Bogor, Ahad (4/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPR Utut Adianto menegaskan, kewenangan terkait Pilpres 2024 berada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Namun, Utut berharap Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR Puan Maharani akan diusung sebagai calon presiden (capres) dari partainya.

"Sampai saat ini kita mengharapkan calon kita, terutama kami di Fraksi, kita tentu semua berdoa Mbak Puan yang dicapreskan, tapi keputusan ada di Ibu sekali lagi," ujar Utut di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Baca Juga

Puan sendiri masih akan terus memimpin PDIP melakukan safari politik ke partai politik lainnya, setelah Partai Nasdem dan Partai Gerindra. Puan menargetkan safari selesai pada Oktober dan hasilnya akan diserahkan kepada Megawati.

"Dari safari ini yang kita harapkan akhir Oktober selesai, kita bisa merangkum peta politik nasional untuk kita laporkan pada Ibu Ketua Umum," ujar Utut.

Puan sendiri sudah menemui Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Selanjutnya, PDIP akan bersilaturahim ke Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Segera kita ke Pak Airlangga ke Cak Imin, kemudian ke Pak Harso, Pak Harso mungkin terakhir karena sekarang lagi ada gonjang ganjing ke PPP terakhir. Terus ke PAN," ujar Utut.

Sebelumnya, Puan sebagai Ketua DPP PDIP melakukan kunjungan ke Lampung Selatan, Lampung. Disana, ia menyampaikan sejumlah pesan motivasi kepada kader perempuan PDIP.

Perempuan, jelas Puan, memiliki peran yang sama dengan laki-laki dan harus berani mengejar cita-citanya. Oleh karena itu, semua jenis pekerjaan adalah setara, termasuk jabatan pemimpin tertinggi negara.

"Di Lampung sudah banyak bupati perempuan. Kita juga punya banyak Menteri perempuan, sudah ada wakil presiden perempuan, ada presiden perempuan," ujar Puan.

"Artinya, Insya Allah 2024 akan ada lagi kepala daerah perempuan, menteri perempuan. Presiden perempuan juga akan ada lagi Insya Allah, tapi semua itu harus dengan perjuangan," sambungnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement