Jumat 02 Sep 2022 17:37 WIB

Apa Penyebab Kasus Kepala Bayi Putus Saat Persalinan di Puskesmas Tembilahan?

Seorang ibu di Riau mendapati bayi yang dilahirkannya dalam keadaan kepala terputus.

Bayi (ilustrasi). Pasangan suami istri di Riau berdamai dengan pihak puskesmas setelah mendapat penjelasan alasan kepala bayinya terputus saat proses persalinan.
Foto:

Menurut Hendri, bayi Nova berada dalam posisi sungsang jelang persalinan. Bayinya juga menderita hidrosefalus sejak dalam kandungan.

"Bayi mengalami kelainan medis (sungsang), dan pihak bidan yang bertugas mengambil pilihan untuk menyelamatkan nyawa si ibu," ungkap Hendri.

Sebagai bentuk permohonan maaf dan tanggung jawab terhadap keluarga korban, menurut Hendri, pihak Puskesmas memberikan pelayanan dan kontrol rutin terhadap ibu korban selama menjalani masa nifas.

Pasangan suami istri Nova Hidayanti dan Khaidir kehilangan buah hatinya dalam proses persalinan di Puskesmas Gajah Mada Tembilahan pada Jumat (26/8/2022) sekira pukul 23.00 WIB. Bayi yang dilahirkan Nova dalam kondisi tidak utuh karena bagian kepalanya terputus setelah dibantu persalinannya oleh pihak Puskesmas Gajah Mada.

Peristiwa memilukan itu disaksikan langsung oleh sang suami yang saat mendampingi persalinan istrinya. Menurut pihak Puskesmas, bayi pasangan Khaidir-Nova telah meninggal dunia sekitar dua hingga tiga hari sebelum dilahirkan.

Kondisi itu membuat badan bayi menjadi lunak. Puskesmas menduga hal tersebut menyebabkan kepala bayi terputus saat bidan membantu persalinan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement