Rabu 24 Aug 2022 16:31 WIB

Dinkes Sulawesi Selatan: Suspek Cacar Monyet Bertambah Satu Orang

Penelusuran kontak baru dilakukan setelah hasil lab mengonfirmasi kasus cacar monyet.

Petugas kesehatan memperlihatkan sampel swab cacar monyet (Ilustrasi). Dinkes Sulawesi Selatan mengonfirmasi bahwa per Rabu (24/8/2022), ada dua sampel suspek cacar monyet yang dikirim ke Jakarta.
Foto:

Menurut Erwan, penelusuran kontak belum bisa dilakukan karena belum ada hasil laboratorium terhadap sampel pasien suspek cacar monyet. Selain itu, pendekatan ini ditempuh agar tidak ingin menghadirkan kepanikan di masyarakat. Kendati demikian, Dinkes mengimbau masyarakat Sulsel untuk tetap menjaga protokol kesehatan, khususnya penggunaan masker.

"Ini virus, hampir sama dengan penyebab Covid-19, penularannya juga cepat maka Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sangat penting menghalau virus ini," kata Erwan.

photo
Beda cacar monyet dan cacar air. - (Republika)

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Makassar, dr Nursaidah Sirajuddin , mengonfirmasi adanya salah satu warga Kota Makassar yang dicurigai terinfeksi cacar monyet. Pihaknya telah melakukan investigasi terhadap pasien.

Menurut Nursaidah, pasien dapat dipastikan tidak pernah melakukan perjalanan ke luar kota. Hanya saja, Nursaidah tidak mengetahui dengan jelas aktivitas sehari-hari pasien yang sedang menjalani perawatan isolasi di RSUD Labuang Baji tersebut.

"Dia telah dirawat sejak Selasa malam kemarin dan sampelnya sudah diambil untuk dikirim ke Litbankes Kemenkes," kata Nursaidah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement