Kamis 18 Aug 2022 19:20 WIB

Pemprov Lampung Perluas Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

Minimal harus ada satu desa atau kelurahan yang ramah perempuan dan peduli anak.

Aktivitas di desa ramah anak (ilustrasi)
Foto: Doc: Pemkab Sleman
Aktivitas di desa ramah anak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Pemerintah Provinsi Lampung memperluas adanya desa ramah perempuan dan peduli anak di daerah itu untuk mendukung pemberdayaan perempuan. "Desa ramah perempuan dan peduli anak ini merupakan program dari pemerintah pusat, dan telah ada di Kabupaten Tanggamus dan Tulang Bawang yang kemarin menjadi daerah percontohan," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Lampung Fitrianita Damhuri di Bandarlampung, Kamis (18/8/2022).

Pihaknya berkomitmen tentang minimal harus ada satu desa atau kelurahan di kabupaten atau kota di Lampung yang ramah perempuan dan peduli anak. "Kami berkomitmen dengan dukungan seluruh pihak akan ada satu desa atau kelurahan ramah perempuan dan peduli anak di setiap daerah. Nanti di sana akan disinergikan dengan pencegahan stunting juga," kata dia.

Baca Juga

Dia menjelaskan nantinya di setiap desa atau kelurahan akan dibuat forum anak untuk membahas pemenuhan hak anak, posyandu, lalu deteksi dini atas tindakan kekerasan pada anak dan perempuan juga akan dilakukan.

"Deteksi dini kekerasan, pemenuhan atas jamban dan sanitasi bersih akan dilakukan, lalu pemerintah desa akan memberi kesempatan wanita dan anak bersuara dalam Musrenbang desa jadi semua bersama harus mewujudkan ini," ucapnya.

Menurut dia, dengan adanya hal tersebut akan membantu pemberdayaan perempuandan memberi perlindungan kepada anak serta mengurangi adanya pembedaan di segala lini kehidupan.

"Dari sini bisa dikembangkan kelompok wanita tani, sebab ini menjadi kunci agar peranan wanita dan pria sama dalam pemberdayaan di sisi ekonomi dan aspek lainnya," tambahnya.

Ia melanjutkan tahun ini telah ada 15 desa dan kelurahan baru dan dalam proses menjadi ramah perempuan dan peduli anak di 15 kabupaten kota di Lampung, sedangkan tahun depan akan kembali diperluas.

Model desa ramah perempuan dan peduli anak serta desa konvergensi penanganan dan pencegahan stunting di Provinsi Lampung yang tersebar di 15 kabupaten/kota, yaitu di Kabupaten Tulang Bawang tepatnya di Desa Kampung Warga Makmur dan Kampung Banjar Dewa.

Selain itu, Desa Kusa dan Desa Tanjung Jati di Kabupaten Tanggamus, Desa Totoharjo Kabupaten Lampung Selatan, Kampung Tulung Kakan Kabupaten Lampung Tengah, PekonWay Sindi Kabupaten Pesisir Barat.

Selain itu, Desa Sukaraja Kabupaten Lampung Barat, Kampung Rambang Jaya Kabupaten Waykanan, Desa Sukamaju Kabupaten Lampung Utara, Desa Cipadang Kabupaten Pesawaran, Pekon Banjarejo Kabupaten Pringsewu, Tiyuh Gilang Tunggal Makarta Kabupaten Tulang Bawang.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement