Kamis 28 Jul 2022 03:14 WIB

Majukan Peradaban, Pemkot Sukabumi Gencarkan Festival Literasi

Literasi adalah gerakan yang sudah dimulai sejak peradaban Islam

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Seorang anak SD mengikuti lomba story telling dalam acara Festival Literasi yang digelar Dispusip Kota Sukabumi, Rabu (27/7/2022)
Foto: riga nurul iman
Seorang anak SD mengikuti lomba story telling dalam acara Festival Literasi yang digelar Dispusip Kota Sukabumi, Rabu (27/7/2022)

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI--Upaya mendorong gerakan literasi di Kota Sukabumi terus digencarkan. Langkah tersebut untuk melahirkan peradaban terbaik dengan berawal dari literasi.

Salah satunya melalui gelaean festival literasi Kota Sukabumi tahun 2022 di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kota Sukabumi, Rabu (27/7/2022). Kegiatan dengan tema Cerdas literasi cerdas bangsaku ini digelar dalam mendorong majunya peradaban melalui gerakan literasi.

Baca Juga

Dalam festival ini digelar berbagai lomba yakni mewarnai untuk TK/RA, Story tellling tingkat SD/MI, lomba film video promosi perpustakaan tingkat SMP/MTs, lomba review buku bentuk video tingkat SMA, MA/SMK. Berikutnya Lomba membuat artikel tingkat perguruan tinggi, lomba cipta lagu literasi untuk masyarakat.

'' Literasi adalah gerakan yang sudah dimulai sejak peradaban Islam dan dalam peradaban Islam ada dua hal yang ditinggalkan,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi yang membuka Festival Literasi. Dua peninggalan itu yakni infrastruktur fisik adalah bangunan luar biasa indah dan kedua literasi yang ada sejak zaman Rasulullah.

Itulah sebabnya kata Fahmi, semangat pemerintah pusat, provinsi hingga kota menggerakan literasi. Sebab tidak mungkin peradaban maju tanpa menggerakan literasi.

'' Saya berharap festival ini dalam kerangka membangkitkan peradaban di negeri tercinta dalam menyambut Indonesia emas 2045,'' kata Fahmi. Hal ini karena tidak ada kata lain menggerakan litrasi dalan berbagai bentuk untuk bangkit di Indonesia emas 2045.

Pemkot lanjut Fahmi mempunyai program unggulan salah satunya gerakan literasi dan berbagai elemen dapat memberikan berbagai dukungannya. Dengan gerakan literasi ditargetkan dapat melahirkan generasi terbaik, berbudaya dan beradab karena berawal dari literasi.

Fahmi juga memotivasi camat dan lurah mencontohkan kepada masyarakat agar aktif di literasi. Di sisi lain pemda juga akan menambah spot literasi misalnya saung literasi ada galeri literasi agar warga makin mencintainya. ''Mari bangkit pasca pandemi dan lakukan rocovery,'' imbuh Fahmi. Di mana di akhir 2021 perpustakaan kembali dibuka untuk publik berkunjung setelah sebelumnya dibatasi terdampak pandemi.

Namun sekrang ada literasi digital seiring dengan masa pandemi. Sehingga Kota Sukabumi mempersiapkan literasi digital untuk warga.

Penggiat literasi Laksamana Madya TNI (Purn) Achmad Taufiqoerrochman memberikan apresiasi atas gerakan literasi di Kota Sukabumi. Misalnya dengan adanya galeri literasi ini bisa memajukan bangsa. '' Saya sering datang ke perpustakaa meminjam buku dan sangat diburuhkan dan apresiasi langkah wali kota dalam literasi dan ingin berperan membangun literasi,'' ungkap Achmad Taufiqoerrochman.

Pada momen ini beliau juga memberikan bantuan buku kepada galeri literasi. Buku yang diserahkan yakni Kepemimpinan maritim. Di mana buku ini menceritakan kesuksesan Laksamana Madya Ahmad Taufiqoerrochman dalam dunia militer yang berharap bisa dibaca untuk memotivasi generasi muda.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement