Rabu 20 Jul 2022 03:44 WIB

Siswa Baru di Sukabumi Dikenalkan Kemadrasahan Hingga Program Robotic

Berbagai kegiatan pengenalan ini terangkum dalam kegiatan dengan sebutan Matsama

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) atau masa taaruf siswa madrasah (Matsama) Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Sukabumi terasa cukup istimewa. Sebab selain diberikan mengenai materi kemadrasahan juga dikenalkan program robotic dan riset.
Foto: istimewa
Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) atau masa taaruf siswa madrasah (Matsama) Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Sukabumi terasa cukup istimewa. Sebab selain diberikan mengenai materi kemadrasahan juga dikenalkan program robotic dan riset.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) atau masa taaruf siswa madrasah (Matsama) Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Sukabumi terasa cukup istimewa. Sebab selain diberikan mengenai materi kemadrasahan juga dikenalkan program robotic dan riset.

'' Lingkungan Madrasah Aliyah dirasa agak berbeda untuk siswa baru,'' ujar Kepala Sekolah MAN 1 Kota Sukabumi Badru Tamam, Selasa (19/7/2022). Sehingga sekolah Madrasah Aliyah merupakan lingkungan baru yang harus dikenal dan diketahui, sehingga nantinya tidak asing buat siswa baru.

Baca Juga

Misalnya kurikulum, model pembelajaran dan tingkat kesulitan pelajaran di sekolah/madrasah sebelumnya tentulah sangat berbeda dan terdapat beberapa pelajaran baru. Oleh karenanya sebelum memasuki sekolah baru, siswa perlu diperkenalkan terlebih dahulu tentang lingkungan di sekolahnya.

Badru mengatakan, adapun yang perlu diketahui oleh siswa baru antara lain suasana gedung sekolah, program kurikulum, guru, teman, fasilitas sekolah dan berbagai kegiatan ekstra kurikuler yang akan diikuti oleh para siswa. Berbagai kegiatan pengenalan ini terangkum dalam kegiatan dengan sebutan Matsama atau Masa Ta’aruf Siswa Madrasah.

Melalui Matsama lanjut Badru, diharapkan siswa dapat mengenal dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan baru-nya, yaitu lingkungan Madrasah MAN 1 Kota Sukabumi. Sehingga apa yang menjadi visi dan misi madrasah dapat terwujud.'' Awal masuk sekolah menjadi pintu gerbang pertama dalam mengenalkan lingkungan madrasah,'' kata Muntamah, Wakamad Kesiswaan MAN 1 Kota Sukabumi. Terutama menggali potensi-potensi anak dan menggali masa depan anak.

Matsama lanjut Muntamah diperlukan dalam rangka menentukan keberhasilan seluruh proses pembelajaran di madrasah. Rangkaian kegiatan Matsama bersifat edukatif, menumbuhkan kreatifitas dan inovasi kepada para peserta didik sehingga memberikan pengalaman yang menyenangkan dan mencintai madrasah.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas MAN 1 Kota Sukabumi Dasep Hanan Mubarok menambahkan, selain materi kemadrasahan para siswa baru juga diberikan materi khusus. '' Ada materi program robotic dan riset serta keterampilan,'' kata dia.

Sehingga kata Dasep, para siswa baru akan tertarik pada dua hal sekaligus baik kemadrasahan dan dunia keilmuan khususnya teknologi. Pada Matsama juga diberikan materi karakter moderasi beragama dan kebangsaan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement