Senin 18 Jul 2022 21:08 WIB

Sugianto: Mahasiswa KKN Harus Ikut Berperan Majukan Desa Unggulan

Kalteng telah melaksanakan terobosan strategis melalui Program Multiyears

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran memberikan Pembekalan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kebangsaan ke-X Tahun 2022 kepada seluruh Mahasiswa se-Indonesia, bertempat di Aula Palangka Universitas Palangka Raya (UPR), Senin (18/7/2022).
Foto: istimewa
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran memberikan Pembekalan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kebangsaan ke-X Tahun 2022 kepada seluruh Mahasiswa se-Indonesia, bertempat di Aula Palangka Universitas Palangka Raya (UPR), Senin (18/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA--Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran memberikan Pembekalan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kebangsaan ke-X Tahun 2022 kepada seluruh Mahasiswa se-Indonesia, bertempat di Aula Palangka Universitas Palangka Raya (UPR), Senin (18/7/2022). 

Tema yang diangkat Gubernur adalah “Arah dan Kebijakan Pembangunan Daerah Kalteng dalam Menyambut IKN”. KKN diikuti oleh sekitar 2.300 mahasiswa yang berasal dari 69 Universitas di seluruh Indonesia.

Baca Juga

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran memaparkan tentang capaian makro pembangunan Kalteng dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan kualitas kesejahteraan dan kemandirian masyarakat. 

Dari segi infrastruktur Kalteng telah melaksanakan terobosan strategis melalui Program Multiyears untuk pembangunan dan peningkatan ruas jalan untuk membuka isolasi daerah dan menumbuhkan perekonomian masyarakat yakni dengan program prioritas jalan, jembatan, irigasi, pengembangan pelabuhan udara dan pembangunan pelabuhan laut, dengan Pagu Indikatif Tahun  2022-2024 sebesar Rp 2,1 triliun.

photo
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran memaparkan tentang capaian makro pembangunan Kalteng dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan kualitas kesejahteraan dan kemandirian masyarakat. - (istimewa)

 

Pada sektor pendidikan lanjut Gubernur, Kalteng mendukung peningkatan Sumber Daya Manusia dengan telah memberikan Bantuan Sosial Fungsi  Pendidikan kepada putra/putri Kalteng yang  berprestasi dan kurang mampu.

Sugianto juga mendukung program prioritas nasional food estate yang terdapat di 2 (dua) Kabupaten yaitu Kab. Pulang Pisau dan Kab. Kapuas. Usai memberikan materi, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyerahkan uang saku untuk 2.300 peserta KKN Kebangsaan ke-X sebesar Rp. 500.000/orang. Sedangkan untuk bantuan operasional panitia KKN Kebangsaan ke-X sebesar Rp. 350.000.000.

Gubernur Sugianto Sabran saat ditemui mengharapkan mahasiswa-mahasiswa yang turun lapangan ini berbagai disiplin ilmu. Mempraktikkan apa yang mereka dapat di bangku kuliah dengan praktek kerja nyata.“Pesan saya, mereka yang akan terjun ke praktik kerja nyata di lapangan harus melihat desa-desa unggulan terutama di daerah food estate  tentunya di situ ada kekuatan ekonomi dengan potensi pertanian seperti buah-buahan, padi dan sektor peternakan,” kata Sugianto.

Terakhir, Gubernur juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan dan mengapresiasi terselenggaranya KKN Kebangsaan di Kalteng.

Turut hadir Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Herson B. Aden, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Leonard S. Ampung, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Riza Ramadi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Adiah Chandra Sari, Kepala Dinas Perhubungan Yulindra Dedi, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Johni Sonder dan Rektor UPR Andrie Elia Embang

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement