Jumat 15 Jul 2022 17:16 WIB

Elektabilitas Ganjar Pranowo Masih di Posisi Teratas

Elektabilitas Ganjar masih tertinggi menurut beberapa survei yang dirilis pekan ini.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo masih berada di posisi teratas dalam hal elektabilitas berdasarkan hasil survei beberapa lembaga yang dirilis pekan ini. (ilustrasi)
Foto:

Hasil survei Parameter Politik Indonesia yang dirilis pada Selasa (12/7/2022) juga menempatkan Ganjar Pranowo di puncak.  Dalam simulasi lima nama Elektabilitas Ganjar masih tertinggi dengan 30,4 persen. 

"Ganjar tetap menempati posisi tertinggi 30,04 persen disusul Prabowo Subianto 24,4 persen disusul kemudian oleh Anies Baswedan 20,7 persen kemudian AHY 7,3 persen dan Sandi 5,3 persen," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno dalam paparannya secara daring, Selasa lalu. 

Sementara itu dalam survei tiga nama, Ganjar kembali unggul dengan 32,2 persen. Disusul dengan Prabowo Subianto dengan 26,4 persen, dan Anis Baswedan 22,3 persen. 

"Undecided-nya itu di angka 19,1 persen. Artinya diantara figur-figur ini ternyata masih banyak pemilih atau responden kita yang belum menentukan pilihan politiknya," ujarnya. 

Adi menjelaskan berdasarkan survei, Ganjar dipilih menjadi presiden karena kinerjanya terbukti (26,2 persen), merakyat (24,4 persen), dan memiliki sifat yang baik (14 persen). Adi mengungkap, secara umum masyarakat Indonesia memilih berdasarkan psikologis.

 

"Sementara faktor sosiologis seperti agama, suku dan kedaerahan tampak tidak berpengaruh besar pada pilihan masyarakat. Ganjar Pranowo dipilih karena dianggap terbukti kinerjanya di Jateng," kata Adi lagi.

Untuk diketahui pengambilan data survei dilakukan pada 15-29 Juni 2022. Sampel dalam survei tersebut sebanyak 1.200 responden. 

Pengumpulan data dilakukan dengan metode telepolling menggunakan kuesioner yang dilakukan oleh emulator terlatih. Tingkat kepercayaan survei ini adalah 95 persen dengan margin of error sebesar 2,9 persen.

 

photo
Serangan Elite PDIP kepada Ganjar Pranowo - (infografis republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement