Senin 04 Jul 2022 20:29 WIB

Viral Ceramah Ustaz UAH Soal Nama Asli Kapten Pattimura adalah Ahmad Lussy

UAH dalam ceramah lama yang kembali beredar sebut Ahmad Lussy sebagai kiai

Ustaz Adi Hidayat
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ustaz Adi Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ceramah Ustaz Adi Hidayat soal Kapiten Pattimura kembali ramai dibicarakan netizen. Dari cuplikan ceramah yang beredar sejak Ahad (3/7/2022) lalu, Ustaz Adi Hidayat mempersoalkan nama asli Kapten Patiimura.  

"Dulu pernah lihat uang seribu, di uang seribu itu ada satu gambar namanya siapa Kapiten Pattimura siapa nama aslinya Thomas Mattulesy, bayangkan," ujar UAH dalam ceramahnya.  

Baca Juga

Seorang jamaah lalu menjawab, "Ahmad Lussy".

"Kami berusaha mencari, lihat tanya pakar sejarah dikumpulkan, ternyata nama kapiten pattimura itu bukan Thomas tapi Ahmad. Ahmad Lussy," ujar UAH melanjutkan.  

Siapa Ahmad Lussy itu? Beliau, kata UAH, adalah seorang pejuang. Beliau adalah seorang kiai. "Beliau adalah seorang pemimpin pesantren. Beliau arahkan anak-anak santrinya untuk berjuang menegakkan kebenaran di bumi pertiwi ini," katanya lagi.

Ia pun bertanya-tanya Ahmad Lussy yang tiba-tiba menjadi Thomas. "Saya mau katakan bahwa kalau disebutkan Thomas orang tidak tau bahwa orang ini dekat dengan Allah SWT. Orang ini berasal dari pesantren. Makanya dibuang nama-nama itu seperti Barat dulu pernah melakukannya"

UAH mencontohkan namanya Ibnusina diganti menjadi Avissena. Kemudian Ibnu Rusdy yang berganti jadi Avveroes. "Dan lain sebagainya. Diganti nama-namya semua  supaya genarasi dulu tidak ingat."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement