Kamis 23 Jun 2022 14:16 WIB

Kementerian Kominfo Gelar Bimbingan Teknis, Tips, dan Trik Naik Jabatan Pranata Humas

Bimtek Pengelolaan Relasi Media dan Public Speaking digelar di Denpasar Bali

   Direktur Jenderal IKP Kominfo Usman Kansong menyampaikan arahan pada pembukaan Bimbingan Teknis bagi para Pranata Humas di Denpasar, Bali, Kamis (23/6/2022).
Foto: Kominfo
Direktur Jenderal IKP Kominfo Usman Kansong menyampaikan arahan pada pembukaan Bimbingan Teknis bagi para Pranata Humas di Denpasar, Bali, Kamis (23/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR - Direktorat Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kementerian Kominfo) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Relasi Media dan Public Speaking, Bimtek Pembinaan Jabatan Fungsional Pranata Humas, dan Pengelolaan Media Sosial Pemerintah, yang dilaksanakan di Bali pada Kamis (23/6/2022).

Acara tersebut dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Bali I Dewa Putu Sunartha, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Hasyim Gautama, dan dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong. Ada tiga kegiatan pokok dalam acara ini yakni Bimbingan Teknis atau Bimtek Pelaksanaan Kebijakan Sub-urusan Informasi dan Komunikasi Publik: Pengelolaan Relasi Media dan Public Speaking, Bimtek Jabatan Fungsional Pranata Humas Tips dan Trik Naik Jabatan Pranata Humas, serta Bimbingan Teknis Pengelolaan Media Sosial Pemerintah Monitoring Isu dan Strategi Optimalisasi Diseminasi Informasi Melalui Media Sosial.

Baca Juga

Dirjen IKP Kementerian Kominfo Usman Kansong menyebutkan di era teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini, media memiliki peran penting dalam mewujudkan sebuah negara demokratis menjadi salah satu instrumen demokrasi. Media juga berperan memberikan informasi kepada masyarakat. Dengan informasi yang diperolehnya, masyarakat diharapkan akan terdorong untuk secara aktif mengekspresikan ide gagasan dan opininya dalam mendukung proses pembangunan baik di pusat maupun di daerah.

"Kita perlu menyampaikan pesan-pesan positif dan prestasi kerja pemerintah dengan cara efektif melalui media sosial, media massa, maupun melalui interaksi langsung dengan publik. Tugas keseharian kita bersinggungan dengan membangun dan mengelola reputasi tidak hanya instansi kita tapi juga negara. Kita perlu memperkuat citra bangsa secara konsisten sehingga terbangun kepercayaan dan meningkatkan partisipasi publik dalam pembangunan bangsa," kata Usman Kansong.

Bimtek Pengelolaan Relasi Media dan Public Speaking memberikan pemahaman bagaimana menjalin hubungan yang baik dengan media sebagai bentuk simbiosis menjaga kualitas demokrasi. Pranata Humas juga perlu menyampaikan pesan-pesan positif dan prestasi kerja pemerintah dengan cara efektif melalui media sosial, media massa, maupun melalui interaksi langsung dengan publik seputar tugas keseharian pemerintah.

Mereka bertugas membangun dan mengelola reputasi tidak hanya instansi pemerintah tapi juga memperkuat citra bangsa secara konsisten. Dengan demikian terbangun kepercayaan dan meningkatkan partisipasi publik dalam pembangunan bangsa.

Usman Kansong juga mengajak seluruh peserta untuk menggaungkan G20 Indonesia terutama bagi humas di pemerintah daerah. Dia mengajak seluruh peserta untuk berpartisipasi dengan sumber daya yang dimiliki. 

"Mari sama-sama kita gaungkan presidensi G20 Indonesia terutama buat kawan-kawanku humas di pemerintah daerah. Kalau di kementerian dan lembaga mohon maaf saya sampaikan komunikasi publiknya sudah cukup baik. Datanglah ke Jakarta ya pasti tidak ada sudut tanpa informasi tentang presidensi G20," kata Usman Kansong.

Dalam acara Bimbingan Teknis Pembinaan Jabatan Fungsional Pranata Humas: Tips dan Trik Naik Jabatan Pranata Humas, hadir tiga orang narasumber. Mereka adalah Direktur Tata Kelola Kemitraan Komunikasi Publik Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Hasyim Gautama, Sub Koord. Pengembangan Kompetensi dan Karier Jabatan Fungsional Bidang Komunikasi Publik Kementerian Kominfo yang menyampaikan pemaparan mengenai Jabatan Fungsional Pranata Humas dan Uji Kompetensi Asriani Sri Wahyuni, dan Pranata Humas Ahli Madya Badan Riset dan Inovasi Nasional Suzan Lesmana yang menyampaikan tips dan trik naik jabatan Pranata Humas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement