Selasa 21 Jun 2022 17:13 WIB

Gubernur Riau Siap Laporkan Kepsek Pungli PPDB

Gubernur Riau mengatakan siap melaporkan kepala sekolah yang pungli proses PPDB.

Pungutan liar dalam proses PPDB (Ilustrasi). Gubernur Riau mengatakan siap melaporkan kepala sekolah yang pungli proses PPDB.
Foto: ANTARA/Irfan Anshori
Pungutan liar dalam proses PPDB (Ilustrasi). Gubernur Riau mengatakan siap melaporkan kepala sekolah yang pungli proses PPDB.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyatakan siap melaporkan oknum kepala SMA/SMK ke Kapolda Riau dan dan Kepala Kejaksaan Tinggi Riau jika terbukti mencari uang tambahan dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tahun 2022/2023.

"Jika terbukti mencari tambahan uang tersebut melalui rombongan belajar (rombel) atau kelas untuk peserta didik baru, maka yang bersangkutan akan ditindak tegas," kata Gubernur Syamsuar dalam keterangannya, di Pekanbaru, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, bagi kepsek dilarang membuat kebijakan sendiri, karena ada kejadian, misalnya ada dua rombongan belajar pasnya untuk 38 orang dikali dua, dan tidak perlu ditambah lagi.

Oknum kepsek malah berdalih menambah bangku lalu dimintakan uang kepada orangtua siswa. Untuk kejahatan tersebut, kata Syamsuar lagi, perlu segera diawasi oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

"Sebab, banyak pengaduan yang masuk ke saya, beragam kritik dan yang menanggung adalah Gubernur Riau. Ini maaf, mudahan-mudahan tidak betul dugaan saya. Ini ada kepentingan, ada usaha (kepsek) untuk mencari fulus (uang) itu," kata dia lagi.

Jadi, kata dia, jangan main-main soal PPDB, apalagi PPDB ini tujuannya terbuka, sehingga tidak ada hal-hal yang mengganggu kelancaran PPDB. "Harapan saya semoga bapak ibu amanah semua, jadi kepala sekolah yang betul-betul dapat melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement