Selasa 14 Jun 2022 18:33 WIB

Lima Kriteria Capres-Cawapres 2024 Menurut PAN

Seluruh DPD dan DPW mengusulkan nama yang akan digodok di rakernas PAN.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ilham Tirta
(dari kiri) Ketua DPW PAN Jabar Desy Ratnasari, Ketua Organizing Committee (OC) Rakernas PAN Bima Arya Sugiarto, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Waketum PAN Yandri Susanto dan Ketua DPW PAN  DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo berfoto sebelum memberikan keterangan terkait Gerakan PAN Memilih di kantor DPP PAN, Jakarta, Selasa (14/6/2022). Gerakan PAN Memilih merupakan gerakan untuk menjaring aspirasi Kader PAN di seluruh Indonesia untuk memilih Capres dan Cawapres yang akan diusung di Pemilu 2024.Prayogi/Republika.
Foto: Prayogi/Republika.
(dari kiri) Ketua DPW PAN Jabar Desy Ratnasari, Ketua Organizing Committee (OC) Rakernas PAN Bima Arya Sugiarto, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Waketum PAN Yandri Susanto dan Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo berfoto sebelum memberikan keterangan terkait Gerakan PAN Memilih di kantor DPP PAN, Jakarta, Selasa (14/6/2022). Gerakan PAN Memilih merupakan gerakan untuk menjaring aspirasi Kader PAN di seluruh Indonesia untuk memilih Capres dan Cawapres yang akan diusung di Pemilu 2024.Prayogi/Republika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Amanat Nasional (PAN) menyebut ada lima kriteria resmi calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung PAN pada Pemilu 2024, mendatang. Lima kriteria tersebut yakni nasionalis-religius, memiliki rekam jejak kepemimpinan yang kuat, berpihak pada kelanjutan generasi, memiliki semangat inovasi dan kolaborasi, dan berwawasan Nusantara dan berperspektif global.

"Sesuai arahan Ketum, lima kriteria saja. Seperti Pancasila ada lima juga. Prinsipnya change and continuity. Kami mencari kandidat yang sesuai dengan platform dan asa PAN, setia pada Pancasila dan NKRI, mendorong ide-ide persatuan dan kemajuan, peduli pada pembangunan berkelanjutan dan regenerasi anak muda, serta membawa Indonesia berdaya saing di pentas global," kata Ketua DPP PAN yang juga OC Rakernas PAN, Bima Arya Sugiarto hari ini, Selasa (13/6/2022).

Baca Juga

Sekjen PAN, Eddy Soeparno mengatakan, diumumkannya kriteria capres cawapres PAN tersebut dilakukan sesuai arahan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan. Tahapannya nanti seluruh DPD dan DPW se-Indonesia akan mengusulkan nama untuk digodok di rakernas PAN Agustus, mendatang.

"Sistemnya bottom up. Kita dengar aspirasi dari daerah," kata dia.

Sebelumnya, dikabarkan DPW PAN Lampung dan Banten mengusulkan nama Zulkifli Hasan dan Erick Thohir untuk diusung PAN. Kemudian, DPD Cianjur mengusulkan Zulkifli Hasan dan Ridwan Kamil.

"Memang antusiasme dari dalam, ingin mengusung Ketum Zulhas. Muncul juga nama-nama seperti Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Erick Thohir dan lainnya. Semua boleh mengusulkan. Kami sudah sampaikan kriterianya." kata Eddy.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto mengatakan, selain dari internal pengurus, PAN juga menjaring aspirasi dari publik. "Kami akan berkomunikasi dengan para ulama, akademisi, kelompok buruh, profesional, pengusaha dan lainnya untuk menyampaikan aspirasi mereka. Baik di DPP maupun di DPW dan DPD. Semua elemen akan didengarkan oleh PAN, boleh datang menyampaikan aspirasi. Partisipasi publik sangat penting." kata dia.

Hadir dalam konpers hari ini antara lain Waketum PAN Yandri Susanto, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Ketua DPP PAN Bima Arya Sugiarto, dan sejumlah anggota DPR dari F-PAN serta ketua DPW PAN dari seluruh Indonesia. Sejumlah Ketua DPW PAN hadir secara fisik di Jakarta, di antaranya Ketua DPW PAN DKI Eko Patrio, Ketua DPW PAN Jabar Desy Ratnasari, dan Ketua DPW PAN Sulsel Ashabul Kahfi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement