Sabtu 11 Jun 2022 18:06 WIB

Polisi Siapkan 150 Personel Amankan Pemakaman Eril

Polisi akan membatasi kendaraan yang boleh masuk ke area pemakaman.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Ilham Tirta
Kapolresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo (kanan).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Kapolresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Jajaran Polresta Bandung memastikan akan melakukan pengamanan selama proses pemakaman Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di lahan milik keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin (13/6/2022), mendatang. Sebanyak 150 personel gabungan diterjunkan untuk melakukan pengamanan.

"Kami menyiapkan 150 personel gabungan, termasuk dari Satpol PP dan Dishub yang akan mengamankan pengaturan dan penjagaan di rute dari start dan finish area pemakaman," ujar Kapolresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo, Sabtu (11/6/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, polisi pun akan ditempatkan di area pemakaman serta di pertigaan dan perempatan jalan menuju Cimaung. Pihaknya meminta maaf apabila selama proses pengamanan membuat pengendara tidak nyaman.

Selanjutnya, pihaknya akan membatasi kendaraan yang boleh masuk dan tidak ke area pemakaman. Mereka yang dapat masuk harus memiliki stiker yang disiapkan oleh panitia.

"Siapa yang boleh memiliki stiker silahkan tanya ke protokol Pemprov Jabar sehingga tidak memiliki stiker tidak diperbolehkan masuk," katanya. Pihaknya juga menyiapkan parkir-parkir di area luar pemakaman untuk pengendara yang tidak bisa masuk karena tidak memiliki stiker.

"Penutupan jalan enggak ada, hanya ditempatkan pertigaan, perempatan, mengatur lalu lintas," katanya.

Bagi masyarakat yang hendak menyaksikan proses pemakaman diharapkan berkoordinasi dengan pihak Pemprov Jabar. Namun mereka yang hendak hadir harus tertib menjaga keselamatan dan menjaga protokol kesehatan.

Pihaknya akan mengatur agar mereka yang datang ke lokasi area pemakaman tidak membludak. Terkait rute perjalanan jenazah dibawa ke lokasi pemakaman, ia mengaku rute tersebut masih belum final.

Sebelumnya, Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Jawa Barat, Wahyu Mijaya menuturkan, putra sulung Gubernur akan dimakamkan di pemakaman milik keluarga yang berada di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement