Senin 06 Jun 2022 06:00 WIB

Hujan Deras Sebabkan Bencana di Sejumlah Kecamatan Utara Sukabumi

Longsor dan banjir terjadi di Sukabumi karena hujan deras.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Hafil
 Hujan Deras Sebabkan Bencana di Sejumlah Kecamatan Utara Sukabumi. Foto: Jalan longsor (ilustrasi)
Foto: jurnalberita
Hujan Deras Sebabkan Bencana di Sejumlah Kecamatan Utara Sukabumi. Foto: Jalan longsor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI--Sejumlah titik di utara Kabupaten Sukabumi diterjang bencana longsor dan banjir pada Sabtu (4/6/2022) malam lalu. Kondisi tersebut terjadi setelah wilayah Sukabumi diguyur hujan deras cukup lama.

Data Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, bencana yang mayoritas longsor ini terjadi di Kecamatan Nagrak, Caringin, Cicantayan, dan Ciambar. ''

Baca Juga

Hujan deras pada Sabtu sore menyebabkan longsor dan mengakibatkan tembok rumah atas jebol di bagian dapur di Kampung Ciseupan Tengah RT 02 RW 04, Desa Seuseupan, Kecamatan Caringin,'' ujar Petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Sandra Fitria, Ahad (5/6/2022).

Dampaknya, satu kepala keluarga (KK) yang terdiri atas empat jiwa. Longsor juga terjadi di Kampung Kalapa Nunggal RT 04 RW 01, Desa Cihanjawar, Kecamatan Nagrak.

Bencana longsor mengakibatkan jalan gang penghubung dua kampung terputus dan tidak dapat dilalui kendaraan roda dua. Sehingga pada Sabtu, untuk sementara satu kampung terisolasi terutama pemilik kendaraan roda dua karena tidak ada jalan alternatif.

Beruntung, tidak ada korban luka maupun jiwa dalam peristiwa tersebut. Bencana berikutnya terjadi di Kampung Lemah Neundeut RT 11 RW 03, Desa Cihanjawar Kecamatan Nagrak.

Longsor mengancam satu unit rumah warga atas nama Dirman dan masih mengamcam dua rumah warga di sampingnya. Dalam peristiwa ini pun tidak ada korban luka maupun jiwa.

Selain longsor terjadi bencana banjir akibat luapan sungai di Kampung Limus Amis RT 11 RW 05, Desa/Kecamatan Kalapanunggal pada Sabtu malam.

Banjir ini dikarenakan bendungan yang mengairi irigasi warga ambruk dan mengakibatkan empat hektare sawah terdampak. Sandra menuturkan, bencana longsor juga menyebabkan empat petak sawah tertutup material longsor dan membuat aliran irigasi terganggu di Kampung Ciseupan RT 03 RW 04 Desa Seuseupan, Kecamatan Caringin.

Di Kecamatan Caringin, tepatnya di Kampung Pajegan RT 22 RW 07, Desa Cikembang, Kecamatan Caringin terjadi longsor yang menyebabkan satu petak kolam ikan terbawa longsor dan menutup akses pengairan ke sawah warga.

Longsor juga menyebabkan dapuran bambu roboh dan menutup akses jalan lingkungan di Kampung Caringin Pandak RT 16 RW 05 Desa Cikembang, Kecamatan Caringin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement