Sabtu 04 Jun 2022 15:06 WIB

Selain Jokowi, Ini Daftar Pejabat yang Ikut Menyaksikan Jakarta E-Prix

Beberapa menteri, pejabat MPR, dan ketua umum parpol hadir di Sirkuit Ancol.

Rep: Erik PP/Zainur Mahsir Ramadhan/Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Jokowi saat tiba di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara untuk menyaksikan ajang balap mobil listrik Formula E, Sabtu (4/6).
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Presiden Jokowi saat tiba di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara untuk menyaksikan ajang balap mobil listrik Formula E, Sabtu (4/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ajang balapan Formula E di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022), banyak disaksikan pejabat pemerintah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga terlihat hadir. Ketika tiba di Sirkuit Ancol, ia didampingi Ketua MPR sekaligu Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia, Co-Founder Formula E Alberto Longo, Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan, dan Ketua Panitia Formula E Ahmad Sahroni. Mereka semua langsung menuju ruangan VVIP.

Pantauan Republika di lokasi, hadir pula Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN Sofyan Djalil, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala Polri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Tampak hadir pula duo Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Muhaimin Iskandar, serta Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Sebelumnya, Gubernur Anies Rasyid Baswedan sempat menjajal naik mobil untuk keselamatan di lintasan (safety car) pabrikan Jerman, Porsche model Taycan Turbo S. Menurut dia, naik mobil listrik tersebut lebih mengerikan daripada naik roller coaster.

"Akselerasi cepat sekali. Kalau 200 kilometer per jam bertahap, pelan-pelan begitu, kan enggak terlalu. Masalahnya karena dari 0 langsung tinggi sekali, itu luar biasa. Roller coaster kalah tuh," kata Anies kepada wartawan di Sirkuit Ancol.

Menurut Anies, perutnya terasa seperti tertinggal di belakang sewaktu mobil melaju dengan kecepatan tinggi, nyaris dua detik saja sudah mencapai 100 kilometer per jam. "Perut rasanya ketinggalan di belakang karena bayangkan dari 0 ke 100 itu dalam waktu kira-kira dua detik saja. Jadi akselerasi yang luar biasa," kata Anies.

Dia menjajal safety car yang dikemudikan pengendara bernama Bruno S Correia selama tiga sampai empat menit di JIEC Ancol. Menurut Anies, itu merupakan pengalaman unik. Meski ngeri, dia masih ingin mencoba lagi. "Nanti insya Allah setelah ini (babak kualifikasi), saya akan coba sekali lagi," kata Anies.

Anies hadir bersama keluarga untuk menyaksikan ajang balap mobil listrik Formula E. Hal itu terlihat dari unggahan media sosial pribadi @aniesbaswedan. Dalam foto tersebut terlihat Anies bersama sang istri, Ferry Farhati beserta anak-anak mereka. Sebelum menjajal safety car, Anies sempat berkeliling dan melayani foto bersama penonton yang ada di tribun (grandstand).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement