Rabu 01 Jun 2022 22:15 WIB

Dukungan Arus Bawah Menguat, Pengamat Nilai Erick Thohir Makin Memikat

Presiden Jokowi yang juga pengusaha tentu paham prinsip profesionalitas Erick Thohir.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ilham Tirta
Menteri BUMN Erick Thohir.
Foto: Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Tunjung Sulaksono menilai keterpilihan Menteri BUMN, Erick Thohir kian menguat di kalangan arus bawah. Terbukti, Menteri andalan Presiden Jokowi ini terus menuai dukungan dan dorongan dari berbagai kalangan untuk maju sebagai capres dalam Pilpres 2024.

Menurut Tunjung, masifnya dukungan kepada Erick Thohir merupakan sinyal kuat akan keikutsertaanya dalam kontestasi Pemilu tahun 2024. Terbaru, kata Tunjung, Menteri Erick mendapat dukungan dari ratusan perajin layangan di Pasuruan, mereka tergerak karena melihat sosok dan keberpihakannya kepada pelaku UMKM.

Baca Juga

"Dengan munculnya banyak dukungan dari beragam kalangan untuk Erick Thohir di banyak tempat merupakan sinyal kuat soal keikutsertaannya di Pemilu 2024. Apalagi, Erick tak hanya punya kapabilitas, tapi juga kapital yang mumpuni. Money is the mother milk of politic," kata Tanjung, Selasa (31/5/2022).

Lebih lanjut, Tanjung menilai track record Erick saat diberikan amanah membidangi sejumlah tugas penting terbilang sukses. Misalnya, event Asian Games, Timses Jokowi-Makruf, dan terakhir jadi Menteri BUMN, semua bisa dibilang cukup sukses.

Belum lagi, menurut Tunjung, soal capaian karir profesionalnya di bidang bisnis. Jokowi yang juga berlatar belakang pengusaha tentu paham betul prinsip profesionalitas Erick Thohir. Alasannya, karena kepercayaan merupakan sesuatu yang sangat mendasar dalam berbisnis.

"Jika Presiden Jokowi banyak memberikan tugas dan jabatan, artinya Erick memang sosok yang bisa dipercaya dan terbukti apa-apa yang ditangani Erick membuahkan hasil," jelasnya.

Perlu diingat, ungkap Tunjung, di era digital para pemilih yang didominasi anak muda mempunyai selera pilihan yang jauh berbeda dengan jaman dulu. “Mereka bakal memilih tidak saja berdasarkan informasi, pendidikan, dan pengetahuan yang dimiliki calon, namun juga mana yang paling menguntungkan buat mereka (self interest).”

Tunjung mengatakan, pada akhirnya publik akan melihat sosok mana yang bisa melakukan upaya soft landing atas kerja-kerja pemerintahan saat ini. Bisa jadi, kata dia, itu ada pada Erick Thohir.

“Erick Thohir merupakan salah satu pilihan terbaik sebagai upaya soft landing untuk melanjutkan kerja-kerja besar pemerintah saat ini. Contoh paling simple adalah saat mudik lebaran 2022, peranan Erick sangat terlihat mulai dari awal Ramadhan hingga arus balik,” katanya.

Kendati demikian, soal kans Erick jadi capres atau cawapres masih terbuka peluang. Boleh jadi nomor 1 atau nomor 2. Testing the water saat ini masih berlangsung, jadi publik diminta ojo kesusu atau tak terburu-buru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement