Senin 30 May 2022 17:38 WIB

PDIP Akhirnya Dukung Gelaran Formula E Jakarta (dengan Syarat)

PDIP dan PSI diketahui sebagai dua fraksi yang mengajukan hak interpelasi Formula E.

Warga berfoto dengan replika mobil Formula E saat Car Free Day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Ahad (29/5/2022). Replika mobil berteknologi ramah lingkungan itu dipamerkan untuk mengkampanyekan perhelatan Formula E yang akan berlangsung pada 4 Juni 2022. Republika/Putra M. Akbar
Foto:

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, mengatakan, ajang balap mobil listrik Formula E, berguna untuk menunjukkan jika Jakarta bersiap masuk ke era baru sebagai kota modern. Utamanya, untuk menggunakan energi terbarukan bagi mobilitas transportasi listrik ke depannya.

 

“Jadi event Formula E untuk mengirimkan pesan bahwa Jakarta siap menjadi kota modern yang lingkungan hidupnya bersih karena mobilitas penduduknya,” kata Anies usai mencanangkan Jakarta Hajatan yang menjadi bagian serangkaian HUT ke-495 DKI di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Selasa (24/5/2022) lalu.

Dia berharap, gelaran balap mobil ramah lingkungan itu bisa berjalan sukses dan membawa nama baik Indonesia ke kancah dunia. Anies menambahkan, gelaran itu juga menjadi kesempatan dunia menyaksikan kesiapan Jakarta dan Indonesia secara utuh.

“Kita ingin menjadi tuan rumah yang baik. Kita ingin menunjukkan kepada semua bahwa kami, penduduk Jakarta, ambil tanggung jawab dalam mengurangi emisi,” katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali mengatakan, Formula E akan dimasukkan ke dalam rangkaian HUT DKI Jakarta ke-495 Juni 2022 mendatang. Menurutnya, alasan memasukan Formula E ke dalam rangkaian yang digelar pada 24 Mei hingga 25 Juni 2022 itu karena menjadi bagian dari acara penyelenggaraan BUMD pada 4 Juni 2022.

“Pelaksanaanya PT Jakarta Propertindo (Jakpro) kita masukkan saja ke rangkaian,” kata Marullah.

Dia tak menampik ada perubahan tempat peringatan ulang tahun DKI dibanding tahun-tahun lalu. Menurutnya, pemindahan lokasi dari PRJ ke JIS, karena memang sesuai dengan fokus Pemprov DKI selama ini untuk memperkenalkan JIS sebagai stadion yang dibangun oleh Pemprov DKI.

“Sebenarnya tidak mengecilkan dan mengabaikan tempat-tempat lain, tapi kita pakai tempat baru yang mudah-mudahan juga bisa menjadi kebanggaan bagi masyarakat DKI sendiri,” tuturnya.

Menandakan berlangsungnya gelaran Formula E di Jakarta, kargo berisi mobil dan perlengkapan untuk balapan mobil listrik Formula E, telah tiba di Jakarta, pada Ahad (22/5/2022) pagi. Ada tiga buah kargo internasional yang memuat perlengkapan tersebut dan diurus oleh perusahaan jasa groundhanding, PT Jasa Angkasa Semesta (JAS Airport Service).

Dikabarkan, tiga kargo yang dikirim dari Berlin, Jerman, itu, diangkut setidaknya oleh 45 truk untuk dibawa ke JIS. Mobil listrik Formula E terdiri dari 11 tim dengan 22 mobil listrik secara total.

 

Sebagai informasi, tiket balap Formula E dijual dalam beberapa kelas. Pertama, All Ancol theme park dengan harga Rp 250 ribu. Meski terbilang paling murah, penonton bisa menyaksikan balapan melalui layar raksasa di Ancol, dan memanfaatkan semua fasilitas yang ada di Ancol.

 

Kedua, tiket tipe Bravery Stage di Ancol Beach City Festival seharga Rp 450 ribu. Lalu tipe Ombak Laut Suite seharga Rp 2 juta, disusul tipe Jimbaran Suite dan Seggara Suite senilai Rp 3 juta.

 

Lebih jauh, khusus Technology Stage at Deluxe Suite dihargai Rp 7,5 juta. Sedangkan, Zero Emission Stage Royal Suite menjadi yang termahal dengan harga Rp 10 juta.

 

photo
Formula E Diinterpelasi, Anies Bergeming - (Infografis Republika.co.id)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement