Sabtu 28 May 2022 21:16 WIB

Sahroni Sebut Formula E di Jakarta Dapat Tujuh Sponsor Dalam Negeri

Konsorsium perusahaan hiburan menjadi sponsor dengan nominal Rp 100 miliar.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Foto dari atas Sirkuit Ancol di Jakarta Utara pada Selasa (17/5/2022), yang siap digunakan untuk menyambut balapan pada Sabtu (4/6/2022).
Foto: Republika
Foto dari atas Sirkuit Ancol di Jakarta Utara pada Selasa (17/5/2022), yang siap digunakan untuk menyambut balapan pada Sabtu (4/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia penyelenggara Formula E Jakarta menggaet tujuh sponsor dalam negeri untuk mendukung pelaksanaan ajang balap mobil listrik di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu (4/6/2022). "Benar ada tujuh sponsor," kata Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (28/5/2022).

Hanya saja, bendara DPP Partai Nasdem itu tidak memberikan detail nilai kontrak atau nominal total sponsor yang dikucurkan tujuh merek tersebut. Adapun tujuh sponsor dalam negeri itu yakni perusahaan ritel telepon seluler dan gawai, bank swasta nasional, hotel, ritel produk elektronik, produk gula, produk makanan, dan perusahaan kosmetika.

Sahroni mengatakan, untuk perusahaan kosmetika itu memberikan sponsor senilai Rp 5 miliar. Dia juga sempat menyebutkan, balap mobil listrik itu juga mendapat dukungan sponsor sebesar Rp 100 miliar dari salah satu konsorsium perusahaan hiburan. Namun, ia tidak membeberkan apa nama perusahaan hiburan yang mengucurkan dana kepada panitia penyelenggara Formula E Jakarta.

"Ada satu grup entertainment beri Rp 100 miliar. Nanti saya beri tahu namanya itu dari dalam negeri," kata Sahroni di Jakarta, Kamis (26/5/2022) .Beberapa waktu lalu panitia penyelenggara Formula E Jakarta sempat mendapatkan sorotan terkait adanya sponsor perusahaan bir.

 

Dia menegaskan, perusahaan bir itu merupakan sponsor global dari Formula E Operation (FEO). Meski menjamin tidak ada logo dan penjualan bir di lokasi sirkuit, Sahroni tidak membeberkan apakah dukungan sponsor dari perusahaan itu tetap mengalir untuk ajang di Jakarta.

Sahroni mengatakan logo perusahaan bir itu akan diganti dengan tulisan when you drive, never drink (saat menyetir, jangan minum). Begitu juga ketika selebrasi kemenangan, lanjut dia, panitia tidak menyediakan minuman beralkohol seperti yang biasa dilakukan di negara lain.

"Kami sudah bersepakat bahwa tidak akan ada logo Heineken di area sirkuit. Selain itu, tidak akan ada penggunaan campagne beralkohol dalam acara penyerahan piala juara," ucap Sahroni.

Apabila mencermati laman di fiaformulae.com, sponsor bir dengan warna hijau dan bintang merah itu menjadi salah satu mitra Formula E global. Selain bir, ada juga sponsor dari maskapai penerbangan, merek jam tangan hingga perusahaan jasa ekspedisi internasional. Sedangkan sponsor untuk Formula E sama dengan sponsor secara global, namun ada tambahan logo Jakpro dan Jakarta Kota Kolaborasi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement