Senin 09 May 2022 15:04 WIB

Tudingan Politisasi Layanan Mudik Gratis Vs Bantahan Pemprov DKI

Sebagian peserta mudik mengenakan kaus bertuliskan “Anies Baswedan for President".

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan membagikan paket kesehatan kepada peserta mudik gratis, yang dituding bagi kaus untuk kampanye.
Foto:

Adapun, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menampik dana khusus untuk acara gunting pita mudik gratis Pemprov DKI Jakarta menghabiskan total Rp 3,9 miliar. Menurutnya, dana tersebut juga digunakan untuk rangkaian penyelenggaraan mudik, mulai dari persiapan, pelaksanaan pelayanan mudik hingga penerimaan balik di Jakarta.

“Anggaran tersebut adalah anggaran yang diperuntukkan untuk mudik gratis tahun 2020, yang hingga tahun 2021 tidak dilaksanakan. Baru di tahun 2022 kegiatan ini dilaksanakan dengan anggaran yang tetap (3,9 miliar). Jadi tidak ada penambahan anggaran," kata Syafrin dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Dia menambahkan, anggaran Rp 3,9 miliar itu digunakan untuk rangkaian penyelenggaraan mudik gratis dan dialokasikan untuk berbagai hal. Beberapa kegiatan yang tercakup dalam anggaran tersebut adalah sosialisasi kegiatan yang tersebar di 13 titik, cek kesehatan pengemudi saat keberangkatan dan kepulangan di Jakarta.

Selain itu, lanjut Syafrin, dana itu juga termasuk biaya untuk registrasi peserta mudik di enam lokasi, persiapan pemberangkatan di enam titik untuk mengangkut motor dan pemudik. Juga administrasi dari persiapan sampai pelaporan kegiatan, hingga kedatangan bus dan truk balik.

 “Ada juga untuk snack peserta dan lain sebagainya,” ucap dia.

Pemprov DKI Jakarta diketahui menyiapkan 19.680 kursi mudik gratis dan 930 unit kendaraan motor, menganggarkan dana senilai Rp 13,7 miliar. Dana tersebut dibagi menjadi dua item, sewa kendaraan bus dan truk untuk kegiatan mudik senilai Rp 9,6 miliar. Sisanya, Rp 3,9 miliar untuk jasa event organizer guna penyelenggaraan lainnya. Rincian itu, dikutip dari laman LPSE Jakarta. 

Berikut adalah data mudik gratis Pemprov DKI 2022;

Terdapat 17 (tujuh belas) kota dan kabupaten tujuan mudik gratis dan mudik balik, yaitu:

1. Bandar Lampung;      10. Wonosobo;

2. Palembang;               11. Sragen;

3. Malang;                      12. Cilacap;

4. Kediri;                         13. Solo

5. Jombang;                    14. Purwokerto;

6. Kebumen;                   15. Semarang;

7. Yogyakarta;                 16. Pekalongan

8. Madiun;                       17. Tegal

9. Wonogiri;    

 

Perlu diketahui, kota/kabupaten tujuan yang memiliki pemudik terbanyak adalah Solo, Yogyakarta dan Wonogiri. Sedangkan untuk keberangkatan truk pengangkut sepeda motor ada tujuh tujuan, yaitu:

 

1.    Semarang;

2.    Kebumen;

3.    Solo;

4.    Yogyakarta;

5.    Wonogiri;

6.    Jombang, dan

7.    Malang.

 

Dan mudik balik menggunakan truk untuk mengangkut sepeda motor, berangkat dari:

1.    Semarang;

2.    Solo;

3.    Yogyakarta;

4.    Wonogiri; dan

5.    Malang.

 

Pemilik KTP daerah lain di luar DKI Jakarta yang saat ini berdomisili atau bekerja di Jakarta bisa ikut program mudik gratis 2022. Akibatnya, laman layanan mudik gratis pun sempat down lantaran membeludaknya peminat.

 

 

Traffic di mudikgratisdkijakarta.id sempat down karena dikunjungi 4,8 juta orang,” ujar Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Yayat Sudrajat, belum lama ini.

 

 

photo
5 jalur alternatif arus balik-mudik lebaran di Kabupaten Banyumas. - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement