Senin 09 May 2022 12:25 WIB

BMKG: Suhu Panas Masih akan Terasa Hingga Pertengahan Mei

BMKG menjelaskan bahwa suhu panas yang melanda Indonesia bukanlah heat wave.

Sejumlah kendaraan melintas di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (9/5/2022). BMKG mengingatkan masyarakat untuk menjaga stamina tubuh, terutama yang beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Kondisi suhu panas masih akan terasa hingga pertengahan Mei.
Foto:

Fenomena gelombang panas biasanya terjadi di wilayah lintang menengah-tinggi seperti wilayah Eropa dan Amerika yang dipicu oleh kondisi dinamika atmosfer di lintang menengah. Sedangkan yang terjadi di wilayah Indonesia adalah fenomena kondisi suhu panas/terik dalam skala variabilitas harian.

"BMKG mencatat suhu maksimum terukur selama periode 1-7 Mei 2022 berkisar antara 33-36,1 derajat Celsius dengan suhu maksimum tertinggi hingga 36,1 derajat Celsius terjadi di wilayah Tangerang-Banten dan Kalimarau-Kalimantan Utara," ungkap Guswanto.

Suhu maksimum tertinggi di Indonesia pada bulan April selama empat hingga lima tahun terakhir sekitar 38,8 derajat Celsius di Palembang pada 2019. Sementara itu, suhu maksimum tertinggi di bulan Mei sekitar 38,8 derajat Celsius di Temindung Samarinda pada 2018.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement