Selasa 03 May 2022 20:00 WIB

Musim Panas Semakin Panas di Eropa, Ahli Peringatkan Risikonya

Musim panas di Eropa rata-rata naik 1 derajat Celcius lebih tinggi pada 2021

Orang-orang memadati  pantai pada musim panas di Bournemouth, Inggris. Musim panas di Eropa rata-rata naik 1 derajat Celcius lebih tinggi pada 2021. Ilustrasi.
Foto: AP / Matt Dunham
Orang-orang memadati pantai pada musim panas di Bournemouth, Inggris. Musim panas di Eropa rata-rata naik 1 derajat Celcius lebih tinggi pada 2021. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN - Para ilmuwan mengatakan musim panas tahun lalu adalah musim panas terpanas yang pernah tercatat di Eropa, dengan suhu penuh 1 derajat Celcius (1,8 derajat Fahrenheit) lebih tinggi dari rata-rata selama tiga dekade sebelumnya.

Sebuah laporan yang dirilis oleh Layanan Perubahan Iklim Copernicus Uni Eropa belum lama ini menemukan bahwa sementara musim semi 2021 lebih dingin dari rata-rata, bulan-bulan musim panas ditandai oleh "gelombang panas yang parah dan tahan lama" yang melihat banyak rekor suhu baru, termasuk 48,8 derajat Celcius (119,8 derajat Fahrenheit) yang belum pernah terjadi sebelumnya diukur di Sisilia Agustus lalu.

Baca Juga

Suhu tinggi yang berkepanjangan berkontribusi pada kebakaran hutan seperti yang terlihat di Siberia, Yunani, dan Turki tahun lalu. Para ahli mengatakan hal itu meningkatkan kemungkinan curah hujan lebat dari jenis yang menyebabkan banjir mematikan di Belgia dan Jerman Juli lalu lebih mungkin terjadi.

Suhu permukaan laut tahun lalu lebih tinggi daripada kapan pun sejak setidaknya tahun 1992 di Laut Mediterania timur dan sebagian Laut Baltik, di mana merkuri naik lebih dari 5 derajat Celcius (9 derajat Fahrenheit) di atas rata-rata selama bulan-bulan musim panas.

Kecepatan angin tahunan di beberapa bagian Eropa barat dan tengah termasuk yang terendah setidaknya sejak 1979, kata Layanan Perubahan Iklim Copernicus. Hal ini menyebabkan pengurangan perkiraan potensi tenaga angin — salah satu sumber utama energi terbarukan yang diandalkan negara-negara Eropa untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dari pembangkit listrik.

Temuan badan tersebut didasarkan pada stasiun cuaca berbasis darat dan pengamatan satelit yang berasal dari tahun 1950. Secara global, laporan tersebut menunjukkan bahwa tahun 2021 berada di peringkat antara tahun terpanas ke-7 dan ke-5 dalam catatan, tergantung pada kumpulan data yang digunakan.

sumber : Associated Press
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement