Jumat 06 May 2022 21:40 WIB

Relawan PMI Dikerahkan ke Lokasi Wisata Pantai Sukabumi

Personil yang terjunkan dalam operasi ini sebanyak 10 orang

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi dikerahkan ke lokasi wisata Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Keberadaan relawan ini khususnya dalam memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan laut.
Foto: pmi
Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi dikerahkan ke lokasi wisata Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Keberadaan relawan ini khususnya dalam memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan laut.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi dikerahkan ke lokasi wisata Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Keberadaan relawan ini khususnya dalam memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan laut.

Dalam rangka meningkatkan upaya pelayanan optimal bagi masyarakat dan wisatawan yang menghabiskan waktu liburan panjang paska lebaran 1443 H.'' Para relawan dikerahkan untuk mencegah terjadinya hal hal kedaruratan termasuk kecelakaan laut (Laka laut) di momen libur lebaran,'' ujar Humas PMI Kabupaten Sukabumi Aril Sholehudin, Jumat (6/5/2022). Khususnya diterjunkan ke titik yang rawan yang dipadati pengunjung misalnya di pusatkan di Posko Pantai Istikomah dan kantor desa di lokasi wisata.

Baca Juga

Aril menerangkan, personil yang terjunkan dalam operasi ini sebanyak 10 orang dari staf markas dan anggota Korps Sukarelawan (KSR). Mereka mempunyai kualifikasi khusus dalam bidang pertolongan pertama pada kecelakaan.

Dalam pelaksanaan di lapangan kata Aril, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Basarnas Pos Sukabumi sebagai pengendali operasi di lapangan. Selain itu dengan jajaran pepolisiaan Polres Sukabumi dan stakeholder lainnya.

Selain relawan lanjut Aril, PMI Kabupaten Sukabumi juga menerjunkan dua armada taktis yang terdiri kendaraan ambulans gawat darurat dan satu unit kendaraan operasional rescue. Di mana petugas dan armada PMI ini bergabung dengan tim gabungan operasi Ketupat Lodaya 2022 Polres Sukabumi.

Menurut Aril, saat ini kondisi arus wisata padat dan terjadi kemacetan yang mengarah Palabuhanratu dan kawasan Geopark Ciletuh. Sehingga ia juga menghimbau kepada para pengunjung untuk tetap selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas liburan tahun ini.

Staf Divisi Pelayanan PMI Kabupaten Sukabumi, Dikdik Maulana menambahkan, penyiagaan relawan di pos siaga lebaran ini sudah menjadi agenda tahunan PMI, baik sebelum lebaran maupun pasca lebaran seeta menjelang arus balik dan wisata. Di mana operasi kemanusiaan ini untuk membantu para pemudik atau masyarakat bilamana ada yang membutuhkan pertolongan kegawat daruratan dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masysrakat yang menikmati libur lebaran

Untuk penempatan personil terang Aril, sedikitnya ada enam hingga delapan personel sukarelawan dari PMI Kabupaten Sukabumi bersama tim perawat. Mereka juga disiagakan untuk kepentingan medis standby selama 24 jam.

" Setiap anggota sukarelawan, sudah mempunyai keahlian khusus," kata Aril. Jadi dalam pertolongan pertama saat kecelakaan mereka sudah pasti akan siap mengatasinya.

Terlebih ungkap Aril, semua anggota sudah dilengkapi dengan peralatan pertolongan pertama dan ada perawat medis yang siap melakukan tindakan medis. Terutama jika terjadi ada hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement