Senin 02 May 2022 20:02 WIB

Sembilan Tahun Menanti, Joni Akhirnya Bisa Melihat Rafflesia Mekar Berseri

Ada 17 spesies Raflesia arnoldii di Indonesia dari 30 spesies di seluruh dunia.

Bongkol Raflesia Arnoldii
Foto:

Budidaya

Joni membudidayakan bunga dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya itu semenjak 2000. Budidaya dilakukan setelah ia sering mendampingi peneliti dari negara Eropa saat melakukan penelitian ke kawasan Cagar Alam Batang Palupuh dengan jarak hanya sekitar 500 meter dari rumahnya.

Budidaya rafflesia itu dilakukan dengan cara mengambil inang dan ditanam di dalam polibag. Setelah tumbuh, inang tersebut dipindahkan ke lahan perkarangan rumah orang tuanya. Setelah inang tumbuh besar, ia menempelkan biji dari bunga rafflesia ke inang tersebut secara berulang-ulang.

"Dapat biji langsung saya tempel ke inang dan ini saya lakukan secara berulang-ulang, sehingga beberapa bulan muncul knopnya apabila inang terinfeksi," katanya.

Ia mengakui untuk menanam bunga rafflesia tidak begitu sulit, namun pihaknya harus menunggu sekitar sembilan tahun baru bunga itu mekar. Joni juga membudidaya bunga bangkai di halaman rumah orang tuanya jenis Amorphophallus titanum dan Amorphophallus gigas.

Hasil budidaya bunga bangkai itu baru satu kali mekar dan saat ini masih banyak individunya yang masih tumbuh. "Budidaya bunga bangkai tidak begitu sulit dan saya hanya menanam umbinya. Namun, bunga itu mekar membutuhkan waktu cukup lama," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement