Kamis 21 Apr 2022 16:28 WIB

Menggaungkan Peran Pemberdayaan Wanita di Hari Kartini

Wanita berdaya berdampak pada kesejahteraan keluarga yang berujung secara nasional.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ilham Tirta
Ketua DWP Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan, Safriati Safrizal pada kegiatan Inspiring Woman Festival (IWF), Kamis (21/4/2022).
Foto: Dok. Kemendagri
Ketua DWP Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan, Safriati Safrizal pada kegiatan Inspiring Woman Festival (IWF), Kamis (21/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Unit Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyelenggarakan Inspiring Woman Festival (IWF). Mereka ingin menggaungkan peran pemberdayaan wanita, yang akan berdampak pada kesejahteraan keluarga, hingga berujung pada kesejahteraan nasional.

"DWP membina istri-istri ASN, yang juga turut andil dalam penerapan nilai-nilai pelayanan yang akuntabel, kompeten, harmonis, adaptif yang sejalan dengan pemberdayaan perempuan," ujar Ketua DWP Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan, Safriati Safrizal, dalam siaran pers, Kamis (21/4/2022).

Baca Juga

Ketua Panitia IWF itu menjelaskan, kampanye tentang pemberdayaan wanita yang dilakukan oleh DWP Unit Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri itu merupakan salah satu bentuk dukungan agar kaum perempuan terlibat aktif dalam pengambilan keputusan, serta merasakan manfaat pembangunan yang setara. "Melalui pembinaan anggota, dengan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan lewat pelatihan, sekaligus juga memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan, yang menjadi salah satu tugas pokok dan fungsi dari DWP itu sendiri," kata dia.

Untuk itu pula, DWP Unit Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri menjadi penggerak pemberdayaan perempuan di lingkup Kemendagri. Hal itu dilakukan dengan menyediakan wadah diskusi dan berbagi informasi di bawah naungan DWP Kemendagri, dengan menyelenggarakan IWF.

Kegiatan IWF dengan tema "Perempuan Berdaya dan Berakhlak" itu merupakan puncak dari rangkaian Ladies Program Tahun 2022 yang diawali dengan Bakti Sosial pada Senin (18/4/2022) dan Bazar Ramadhan yang digelar di Lapangan Parkir Wanita Kantor Kemendagri selama 18-20 April 2022.

Puncak acara yang dikemas dalam format talkshow dengan menghadirkan Ustazah Qotrunnada dan Make-up Artist, Bubah Alfian, sebagai narasumber itu melibatkan sebanyak hampir 5.000 partisipan yang berasal dari istri ASN lingkup Kemendagri, ASN perempuan Kemendagri, dan khalayak umum di sekitar Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat.

"Diharapkan pula, penyelenggaraan kegiatan IWF kali ini menjadi awal dari kegiatan rutin tahunan DWP Kemendagri maupun DWP Unit Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement