Rabu 13 Apr 2022 17:52 WIB

Dorong APK Pendidikan Tinggi, Pemkot Sukabumi Lanjutkan Beasiswa Wali Kota

Beasiswa ini mendorong angka partisipasi warga mengenyam pendidikan tinggi meningkat

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyerahkan beasiswa wali kota Sukabumi 2022 di Gedung Aher Sukabumi, Rabu (13/4/2022).n riga nurul iman
Foto: istimewa
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyerahkan beasiswa wali kota Sukabumi 2022 di Gedung Aher Sukabumi, Rabu (13/4/2022).n riga nurul iman

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Beragam cara dilakukan untuk menaikkan Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi. Salah satunya Pemkot Sukabumi yang melanjutkan program beasiswa Wali Kota Sukabumi 2022.

Di mana serah terima calon mahasiswa penerima beasiswa Wali Kota Sukabumi tahun 2022 dilalukan di Gedung Aher Sukabumi, Rabu (13/4/2022). Beasiswa wali kota ini merupakan kerjasama Pemkot Sukabumi dengan Universitas Nusa Putra dalam meningkatkan angka partisipasi warga dalam mengenyam pendidikan tinggi.

Baca Juga

'' Dalam hidup ini ada prinsip yakni pertama harus bernilai ibadah dan kedua kebermanfaatan kepada orang di sekitar,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Kegiatan ini memberikan kebermanfaatan diantaranya dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa.

Fahmi mengatakan, beasiswa wali kota tahun pertama telah dilakukan pada 2021 dan tahun kedua 2022. Ia merasa bangga beasiswa ini diberikan oleh salah satu kampus berskala internasional di Sukabumi.

Fahmi menuturkan, beasiswa ini mendorong angka partisipasi warga mengenyam pendidikan tinggi meningkat karena masih ada warga yang belum kuliah. Harapannya kerjasama dengan Nusa Putra membahagiakan karena akan menambah jumlah persentase warga yang mengenyam pendidikan tinggi atau angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi.

'' Jangan menyianyiakan kesempatan karena tidak semua warga mendapatkan beasiswa wali kota,'' kata Fahmi. Pada 2022 ini ada 33 orang dari 33 kelurahan yang mendapatkan beasiswa katgori 1 yakni full gratis hingga selesai.

Selain itu ada 33 warga lainnya yang mendapatkan beasiswa wali kota kategori dua gratis semester pertama. '' Tagline satu kelurahan satu sarjana dan penerima beasiswa duta kelurahan sehingga tunjukkan pantas dan layak,'' imbuh dia.

Sehingga penerima beasiswa harus belajar yang sungguh-sungguh dan membuat jejaring dan kebermanfaatan di wilayah di kelurahan. '' Doakan anak yang hebat dan membawa nama baik Sukabumi,'' imbuh dia.

Tim teknis program Beasiswa Wali Kota Sukabumi Barkah menambahkan, program beasiswa wali kota ini merupakan periode kedua karena yang kedua kalinya digelar pemkot dan Nusa Putra. '' Ada sebanyak 66 penerima beasiswa kategori pertama yang full gratis hingga lulus,'' kata dia.

Hingga saat ini lanjut Barkah, ada 132 orang mahasiswa yang mendapatkan beasiswa wali kota Sukabumi. Di mana animo warga untuk mendapatkan beasiswa tinggi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement