Jumat 08 Apr 2022 15:45 WIB

Kemenkes: Mudik Lebaran Jadi Uji Coba Transisi ke Endemi

Kemenkes menargetkan 70 persen warga di Indonesia sudah vaksinasi usai mudik Lebaran

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 booster ke warga saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal di Taman Dewi Sartika, Jalan Wastukencana, Kota Bandung. Kementerian Kesehatan menargetkan pada akhir Mei 2022 70 persen populasi dari total 270 juta masyarakat Indonesia sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap. Capaian tersebut guna memenuhi syarat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
Foto:

Sebelumnya, Epidemiolog dari Universitas Diponegoro, Ari Udiyono menilai langkah pemerintah melonggarkan aturan jelang mudik Lebaran 2022 sebagai langkah uji coba menuju Covid-19 menjadi penyakit endemi.

"Mengapa pemerintah membari pelonggaran yang amat sangat lebar. saya menduga ini semacam uji coba, bila pelonggaran dijalankan, apakah kasus betul-betul meningkat. bila meningkat, dugaan adanya ketidakdisiplinan penerapan protokol kesehatan terbukti," kata Ari kepada Republika.

Ari melanjutkan, bila kasus relatif tidak meningkat, kemungkinan besar pemerintah akan melancarkan strategi transisi endemi. Namun, Ari tidak memungkiri adanya potensi kenaikan kasus pasca mudik Lebaran.

 

"Potensi tetap ada, karena mudik artinya ada migrasi penduduk atau mobilitas penduduk dari satu daerah ke daerah lain. Bila mereka (pemudik) tidak menjalankan protokol kesehatan, yang paling mudah, memakai masker dengan disiplin, maka potensi penularan menjadi tinggi," tutur Ari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement