Rabu 06 Apr 2022 17:16 WIB

Turuti Pesan Ayah, Ridwan Kamil Akan Terus Bangun Masjid

Ketika kecil Emil kerap diajak ayahnya membantu mengurus masjid

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat salat tarawih berjemaah dan memberikan tausiah di Masjid Kampus UGM, Yogyakarta, Selasa (5/4/2022).
Foto: istimewa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat salat tarawih berjemaah dan memberikan tausiah di Masjid Kampus UGM, Yogyakarta, Selasa (5/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Banyak Masjid terkenal di desain oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Di antaranya, Masjid Kota Baru Parahyangan dan Masjid Palestina.

Ridwan Kamil, tetap berkomitmen tak akan berhenti membangun masjid. Ia menceritakan, awal mula dirinya mendesain banyak masjid di Indonesia.  Hal itu,  terinspirasi dari ayahnya yang sempat menjadi pengurus masjid. Ketika masih kecil, pria yang akrab disapa Emil ini, sering diajak ayahnya untuk membantu mengurus masjid.

Baca Juga

Misalnya, kata Emil, ketika masjid itu dalam proses pembangunan atau renovasi. Ia diminta menemani sang ayah untuk membeli kayu atau semen yang kemudian dibawa menuju masjid.

Dalam kesempatan itu, sang ayah memberikan pesan kepada Emil. Yakni untuk tidak pernah berhenti untuk membangun masjid."Almarhum ayah saya itu pengurus masjid jadi saya sering dibawa ke masjid beli semen, beli kayu. Beliau lalu berpesan jangan pernah berhenti membangun masjid," kata Emil saat mengisi kuliah subuh di Masjid Jogokariyan, Rabu (6/4/2022).

Emil mengatakan, saat ini sudah ada puluhan masjid yang ia buat desainnya. Tak hanya itu, puluhan masjid itu juga sudah selesai dibangun. Ada beberapa masjid hasil desain Ridwan Kamil yang berkesan baginya. Misalnya Masjid 99 kubah yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan."Alhamdulillah saat ini sudah ada puluhan masjid yang saya desain dan dibangun. Kalau yang paling besar itu ada di Makassar. Masjid pinggir laut namanya Masjid 99 kubah, itu hasil imajinasi saya," kata Emil.

Emil mengatakan, di Jawa Barat sedang ada pembangunan masjid besar yang ia desain. Masjid itu dinamakan Masjid Al Jabbar."Sedang dibangun masjid di Jawa Barat yang inspirasinya dari rumus matematika, makanya namanya Masjid Al Jabbar, itu juga bisa jadi singkatan Jawa Barat karena tidak mungkin masjid Al Jatim," kata Emil sembil tertawa dan diikuti jamaah yang hadir.

Emil juga menyebut desain masjid hasil karyanya tidak hanya tersebar di Tanah Air. Tapi juga banyak yang ada di luar negeri. Salah satunya yang ada di Palestina. "Di Gaza, Palestina. Masjid ini penghasil tahfidz, dibom Israel hancur. Mereka sholat harus pakai tenda bertahun-tahun. Maka bersyukurlah masjid di Indonesia ada di mana-mana tinggal dimakmurkan. Masjid itu tinggal 15 persen lagi," kata Emil.

Selain itu, Emil juga sudah mendesain bangunan masjid di belahan dunia yang lain. Termasuk di Spanyol dan Amerika Serikat. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement