Rabu 30 Mar 2022 14:20 WIB

Garut Siapkan Jasa Transportasi Alternatif di Stasiun Garut

Pengguna kereta di Stasiun Garut bisa gunakan transportasi alternatif taksi.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Nora Azizah
Kereta Api Istimewa melintasi jalur rel saat yang memasuki Stasiun Garut, Garut, Jawa Barat.
Foto: ANTARA/Novrian Arbi
Kereta Api Istimewa melintasi jalur rel saat yang memasuki Stasiun Garut, Garut, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut telah menyiapkan jasa transportasi alternatif untuk pengguna jasa kereta api di Stasiun Garut. Sebab, jadwal Kereta Api (KA) Cikuray dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta, tiba di Stasiun Garut pada tengah malam.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Aah Anwar, mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Organda Kabupaten Garut untuk menyediakan taksi di Stasiun Garut. Menurut dia, saat ini sudah banyak taksi yang memiliki izin beroperasi di Kabupaten Garut.

Baca Juga

"Karena taksi itu pasti akan sangat dibutuhkan masyarakat yang naik kereta ke Stasiun Garut," kata dia saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (30/3/2022).

Selain itu, ia meyakini, seiring dengan perkembangan, jada angkutan daring pasti akan banyak yang beroperasi di sekitar Stasiun Garut. Dengan begitu, pilihan trasportasi pengguna kereta api ke Stasiun Garut akan makin beragam."Kami akan koordinasi dengan angkutan daring, untuk datang ke sana," kata dua.

Aah menambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut juga akan membuat paket wisata untuk wisatawan yang datang menggubakan jasa kereta api. Ihwal kendaraan yang menjemput wisatawan di stasiun, pihaknya masih membicarakannya dengan pihak terkait. "Mungkin akan difasilitasi oleh pemerintah daerah, melalui PHRI," kata dia.

Menurut dia, masyarakat yang akan datang ke Kabupaten Garut menggunakan jasa kereta api tak perlu khawatir. Sebab, saat ini sudah banyak pilihan transportasi dari Stasiun Garut, termasuk pada malam hari.

Sebelumnya, Pemkab Garut berencana menyediakan mobil wisata sebagai transportasi lokal di Kabupaten Garut. Hal itu dilakukan lantaran transportasi pada malam hari di Kabupaten Garut masih minim.

"Kami ada mobil elf untuk wisata yang sekarang ada di Pendopo. Itu akan di-branding untuk menjadi bagian dari transportasi lokal di Garut," kata Bupati Garut, Rudy Gunawan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Budi Gan Gan, mengatakan, pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan travel yang ada di Garut terkait kesiapan mereka menjemput penumpang. Menurut dia, saat ini juga sudah banyak tersedia pilihan transportasi dari Stasiun Garut.

"Kamarin juga kami sudah ngobrol terkait teknis travel itu agar bisa beroperasi di Stasiun Garut," kata dia. 

Saat ini, Stasiun Garut melayani perjalanan kereta api relasi Garut-Padalarang dan Garut-Purwakarta dengan KA Garut Cibatuan, serta KA Cikuray relasi Garut-Jakarta (Pasar Senen). Dari jadwal yang ada, terdapat dua kereta yang akan datang ke Stasiun Garut pada malam hari, yaitu KA Garut Cibatuan asal Purwakarta (sampai di Stasiun Garut pukul 22.23 WIB) dan KA Cikuray dari Jakarta (sampai di Stasiun Garut pukul 00.37 WIB).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement