Kamis 24 Mar 2022 09:40 WIB

Mahasiswa Universitas BSI Kampus Tegal Lolos Program MSIB

Program MSIB merupakan rangkaian dari program kampus merdeka.

Kharir Makhfudz, mahasiswa program studi (prodi) sistem informasi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tegal, lolos sebagai salah satu peserta program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang diselenggarakan oleh Kemendikburistek.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Kharir Makhfudz, mahasiswa program studi (prodi) sistem informasi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tegal, lolos sebagai salah satu peserta program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang diselenggarakan oleh Kemendikburistek.

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Kharir Makhfudz, mahasiswa program studi (prodi) sistem informasi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tegal, lolos sebagai salah satu peserta program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang diselenggarakan oleh Kemendikburistek.

Program MSIB merupakan rangkaian dari program kampus merdeka. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu aktivitas diluar perkuliahan, tujuannya agar mahasiswa terdorong untuk mengembangkan diri mereka dan mendapatkan pengalaman di dunia profesi atau industri secara nyata.

Baca Juga

Menurut Kharir, untuk bisa lolos dalam program MSIB, ia harus melewati proses seleksi hingga wawancara lalu ditempatkan di PT. Orbit Ventura Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang Artificial Intelligence Mastery Program.

“Kompetensi terpenting yang harus dimiliki saat ini yaitu dalam hal penguasaan teknologi informasi, seperti penguasaan Artificial Intelligence, Project Management, Problem Solve dan Python. Kompetensi tersebut dipersiapkan agar mampu bersaing dan beradaptasi sesuai dengan kebutuhan industri di era digital,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Kamis (24/3/2022).

Sementara itu, Kaprodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Tegal, Husni Faqih mengatakan, program MSIB memberikan manfaat yang banyak bagi mahasiswa, yakni memperluas relasi di luar prodi atau asal kampus, menimba ilmu dari mitra yang berkompeten serta berpengalaman.

“Program MSIB juga memberikan manfaat untuk mengeksplorasi pengetahuan dan kemampuan di industri yang diminati. Program MSIB berupaya untuk mewujudkan transformasi angkatan kerja Indonesia, melalui literasi digital. Agar para mahasiswa bisa memaksimalkan peluang di masa depan dengan kualifikasi dan kompetensi yang relevan sesuai dengan kebutuhan industri melalui peningkatan dan standardisasi kemampuan literasi digital,” kata Husni.

Ia menjelaskan, program magang ini akan berlangsung selama lima bulan, yang dimulai pada bulan Februari hingga Juli 2022 mendatang. Nantinya, seluruh kegiatan praktik tersebut akan dikonversikan menjadi Satuan Kredit Semester (SKS). Selain itu, mahasiswa juga akan mendapat bimbingan dari mentor staf profesional secara full time, dalam program magang yang terstruktur, dan mahasiswa diberikan sertifikasi sesuai kinerja saat magang.

“Semoga Kharir dapat mengikuti program MSIB selama 6 bulan dengan baik. Sehingga kelak, mampu mengambil ilmu sebagai bekal ketika terjun di dunia industri dan semoga nantinya mahasiswa yang lolos dalam program MSIB bisa lebih banyak lagi. Sesuai dengan capaian pembelajaran dan lulusan prodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Tegal,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement