Senin 21 Mar 2022 00:47 WIB

Mahasantri: Pemimpin Harus Mengerti Keadaan Rakyat

Mahasantri nilai Indonesia butuh pemimpin yang mengerti keadaan rakyat.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan
Pemilu 2014 (ilustrasi)
Foto: Republika/Musiron
Pemilu 2014 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ratusan mahasiswa santri (mahasantri) menilai bahwa Indonesia memerlukan pemimpin yang memperdulikan nasib rakyat kecil atau wong cilik. Hal tersebut disampaikan saat memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden di 2024 nanti.

"Seorang pemimpin itu harus mengerti dan memahami keadaan masyarakat," kata Koordinator Deklarasi Santri Dukung Ganjar wilayah Jawa Tengah, Mukti Abdul Jabir dalam keterangan, Ahad (20/3).

Baca Juga

Dia mengatakan, dukungan ini merupakan ikhtiar bagi santri khususnya untuk meniru Ganjar Pranowo dalam tidak meninggalkan kalangan 'wong cilik'. Dia melanjutkan, deklarasi serupa juga dilakukan perwakilan santri se-Jawa Tengah dengan lebih dari 100 santri sebagai peserta.

"Ini inisiasi dari para santri maupun perwakilan di Jawa Tengah bahwa bapak Ganjar Pranowo maju menjadi presiden 2024 karena terbukti (sukses) memimpin dua kali di Jawa Tengah," katanya.

Mukti menegaskan, Ganjar Pranowo dinilai sebagai sosok pemimpin yang bisa mengakomodir kepentingan para santri di Jawa Tengah. Dia mengatakan, alasan itulah yang membuat Santri Dukung Ganjar siap berkomitmen terus mengawal politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut.

"Kami berkomitmen berkolaborasi dengan seluruh santri di Jawa Tengah ingin menggerakan atau mendirikan posko di seluruh kota maupun kabupaten di Jawa Tengah dalam mendukung bapak Ganjar menjadi Presiden RI 2024," katanya.

Kegiatan deklarasi dukungan itu juga dibarengi dengan pendistribusian bantuan sembako kepada pedagang pasar dan tukang parkir di Pasar Karang Ayu, Semarang Barat. Mukti mengatakan, kegiatan santri berbagi ini meneladani sikap Ganjar Pranowo kepada rakyat kecil.

Dalam deklarasi itu nampak puluhan ibu-ibu turut antusias ikut mendukung Ganjar Pranowo. Mereka juga meneriakkan slogan "2024 Ganjar Presiden" sebagai bentuk dukungan terhadap Ganjar agar naik kelas menjadi Presiden RI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement