Rabu 16 Mar 2022 15:46 WIB

Parade MotoGP di Jakarta dan Antrean Tiket di Mataram

Stan penukaran tiket MotoGP Mandalika yang minim menyebabkan antrean panjang.

Calon penonton antre untuk menukarkan tiket MotoGP lebih awal di Eks Bandara Selaparang, Mataram, NTB, Rabu (16/3/2022). PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) membuka penukaran tiket MotoGP lebih awal pada 16-17 Maret 2022 di Eks Bandara Selaparang Kota Mataram.
Foto:

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pemerintah menargetkan lebih dari 60 ribu tiket Moto GP seri Mandalika terjual. Ia mengatakan bahwa tiket masih tersedia, tetapi tersisa sangat sedikit.

"Akomodasi masih tersedia, tiket masih juga tersedia walaupun sudah semakin menipis," ujar Sandiaga usai rapat kerja dengan Komisi X DPR, Rabu (16/3/2022).

Namun, ia tak mengungkap detail tiket Moto GP yang tersisa. "Laporan lengkapnya ada di teman-teman TDC dan MGPA," ujar Sandiaga.

Ia menjelaskan, setelah pagelaran Moto GP masih terdapat sejumlah even balap yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Salah satunya adalah kejuaraan nasional. "Mandalika selain World Superbike akan ada kejurnas-kejurnas dan juga balapan-balapan lain, baik roda dua atau roda empat," ujar Sandiaga.

Sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, target penjualan tiket balap MotoGP Mandalika telah habis terjual. Ia pun berharap, penyelenggaraan balap motor ini menjadi sebuah brand baru bagi Indonesia yang telah memiliki sirkuit MotoGP dan tak kalah dengan negara-negara lainnya.

“Kita tahu alhamdulillah juga bahwa target tiket yang telah kita berikan 60 ribu alhamdulilah semuanya sudah terjual dan kita harapkan ini menjadi sebuah brand baru negara kita bahwa Indonesia sekarang telah memiliki sirkuit MotoGP yang tidak kalah dengan negara-negara lain,” kata Jokowi dalam pernyataannya yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, hari ini.

Terkait dengan keuntungan dari penyelenggaraan MotoGP ini, Jokowi menyampaikan akan dihitung setelah acara balap motor ini selesai. Namun, ia menekankan masih dibutuhkan banyak ketersediaan akomodasi hotel di Mandalika untuk wisatawan.

“Ya nanti kalau sudah eventnya selesai baru kita hitung berapa kira-kira yang masuk tapi semuanya kita hitung setelah nanti eventnya kita selesaikan di hari Ahad. Tapi yang jelas memang dari sisi akomodasi hotel memang kita masih butuh banyak sekali di Mandalika,” jelas dia.

Tadi pagi para pebalap MotoGP diterima Jokowi di Istana. Mereka kemudian melakukan parade di sejumlah kawasan Ibu Kota. Warga menyambut meriah parade tersebut termasuk para pengemudi ojek online (ojol).

Mereka bahkan turut bergabung dalam iringan ratusan motor besar yang meramaikan rombongan parade pembalap MotoGP di Jalan Medan Merdeka Utara, dekat Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu. "Kami mewakili teman-teman ojol dengan berpartisipasi di sini, karena kami menyambut baik MotoGP dan mendukung teman-teman yang hobi motor," kata Jonath, selaku perwakilan dari aplikasi Gojek.

Jonath mengatakan, ada 12 pengemudi ojol bergabung dalam kegiatan ini. Mereka sudah siap sejak pukul 05.00 WIB hanya untuk turut berparade bersama para pembalap MotoGP. Namun, ada yang berbeda dari penampilan mereka, tidak seperti pengendara motor besar yang juga meramaikan rombongan parade. Para pengemudi ojol tersebut menggunakan sepeda motor listrik.

"Kami hadir di sini pakai jaket hijau. Kami ingin menghijaukan Jakarta, bukan karena jaketnya, tapi motor listrik yang kami gunakan tanpa polusi agar udara bersih," katanya.

Jonath berharap, kehadiran ojol dalam iringan motor yang meramaikan parade Moto GP ini, dapat menambah eksistensi ojol di mata internasional sehingga para turis asing tidak segan menggunakan aplikasi ojol ketika berkunjung ke Indonesia. "Kegiatan ini berpengaruh pada orderan kami. Kami bisa dapat orderan dari turis asing, baik berkendara maupun pemesanan makanan," katanya.

Parade pembalap MotoGP dimulai dari depan Istana di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, kemudian menyurusi berlanjut ke Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan MH Thamrin. Lalu ke Hotel Indonesia Kempinski di Bundaran Hotel Indonesia.

photo
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) saat melepas parade pembalap MotoGP di depan Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade motoGP tersebut digelar di Jakarta sebelum sejumlah pembalap berlaga di MotoGP Mandalika pada Ahad, 20 Maret 2022 mendatang. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement