Senin 14 Mar 2022 17:23 WIB

Pertemuan Cak Imin dengan KPU-Bawaslu yang Dinilai tak Etis dan Layak Dicurigai

Pertemuan Cak Imin dengan KPU-Bawaslu terjadi di tengah polemik penundaan pemilu.

Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar, pengusul penundaan Pemilu 2024. (ilustrasi)
Foto:

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid mengkonfirmasi pertemuan Cak Imin dengan anggota KPU dan Bawaslu. Namun, dirinya membantah pertemuan tersebut membahas isu penundaan pemilu.

"Tidak agenda khusus, apalagi membahas penundaan pemilu," kata Jazilul kepada Republika, Senin.

Ia memastikan, pertemuan tersebut merupakan pertemuan silaturahmi saja. Menurutnya, tidak ada etik yang dilanggar oleh para komisioner KPU-Bawaslu tersebut.

"Tidak ada (pelanggaran etik)," ujarnya.

Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, juga meminta agar pertemuan Cak Imin dengan anggota KPU dan Bawaslu tidak dijadikan polemik. Sebab pertemuan tersebut tidak hanya dilakukan kepada Cak Imin, tetapi juga kepada pimpinan DPR lainnya.

"Silaturahmi itu tidak dilakukan kepada Cak Imin saja, kepada Mbak Puan, kepada wakil wakil pimpinan DPR yang lain termasuk saya. Ke tempat saya dulu sebelum ke Cak Imin justru, nah sehingga saya pikir itu tidak perlu dijadikan polemik," kata Dasco, Senin (14/3).

 

Menurut anggota KPU terpilih, Hasyim Asy'ari, pertemuan dengan ketua umum PKB itu ialah audiensi atas undangan pimpinan DPR.

"Pada hari Kamis 10 Maret 2022, tujuh calon anggota KPU terpilih dan lima calon anggota Bawaslu terpilih, diundang oleh Pimpinan DPR," ujar Hasyim saat dikonfirmasi Republika, Senin.

Dia mengatakan, pimpinan DPR lainnya yang juga berkesempatan menemui jajaran anggota KPU-Bawaslu terpilih adalah Ketua DPR Puan Maharani dan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. Sedangkan, Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus dan Rahmat Gobel tidak dapat menemui karena disebut sedang bertugas di luar kantor dan daerah pemilihan (dapil).

Hasyim menyebutkan, topik yang disampaikan dalam audiensi tersebut agar para anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 bekerja berdasarkan konstitusi dan Undang-Undang Pemilu. Dalam audiensi juga dipesankan agar KPU dan Bawaslu bekerja secara profesional, mandiri, akuntabel, dan transparan.

 

Dia juga mengatakan, tujuh calon anggota KPU dan lima anggota Bawaslu terpilih menyampaikan, lembaga penyelenggara pemilu yang karakternya adalah layanan, yaitu melayani pemilih dalam menggunakan haknya dan peserta pemilu. "Oleh karena itu, agar layanan berjalan efektif, diharapkan digunakan metode komunikasi yang strategis," kata Hasyim.

Ketujuh anggota KPU terpilih itu antara lain August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy'ari, Idham Holik, M Afifuddin, Parsadaan Harapan, dan Yulianto Sudrajat. Sementara, kelima anggota Bawaslu terpilih yakni Rahmat Bagja, Puadi, Herwyn Jefler Hielsa Malonda, Lolly Suhenty, dan Totok Hariyono.

 

photo
Penundaan Pemilu 2024 - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement