Jumat 04 Mar 2022 15:15 WIB

Dinas PUPR Kota Depok Terjunkan Satgas Bersihkan Sampah di Kali Jantung

Proses pembersihan sampah dilakukan secara manual karena terbatasnya alat berat.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianty.
Foto: Dok Pemkot Depok
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianty.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok menerjunkan satu regu satuan tugas (satgas) untuk membersihkan sampah di Kali Jantung, Bukit Cengkeh, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis. Upaya itu dilakukan sebagai langkah meminimalisasi terjadinya banjir di Kota Depok.

"Satu regu satgas yang terdiri dari 10 personal melakukan pengangkatan sampah di Kali Jantung untuk mencegah tersumbatnya kali yang berdampak banjir," ujar Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty di Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (3/3/2022).

Baca Juga

Menurut Citra, sampah terbawa dari hilir dan tersangkut di inlet Kali Jantung. Proses pembersihan dilakukan secara manual karena terbatasnya alat berat dan lokasi yang tidak memungkinkan. "Alat berat tidak bisa diterjunkan, karena lokasi yang tidak memungkinkan dan masih bisa dijangkau jika dikerjakan secara manual. Targetnya sampai bersih sehingga penampungan air dapat berfungsi dengan maksimal," jelasnya.

Citra mengingatkan warga agar mewaspadai banjir dan longsor. Hal itu karena intensitas dan curah hujan yang masih tinggi. Terutama, di wilayah dataran rendah maupun permukiman yang dekat dengan kali. "Untuk itu, kami ingatkan masyarakat agar menjaga lingkungan, dengan rutin melakukan pembersihan saluran air yang berpotensi tersumbat sampah," ujar Citra.

 

Dia pun meminta kepada masyarakat supaya segera melaporkan jika ada potensi bencana yang membahayakan. Di antaranya, keretakan tanah yang menjadi penyebab awal longsor. "Laporan bisa ditujukan ke Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 maupun mendatangi atau menghubungi posko banjir kami di Kantor DPUPR Kota Depok Jalan Raya Jakarta Bogor km 34,5, dengan nomor telepon 082311835135," terang Citra.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement