Kamis 24 Feb 2022 14:00 WIB

BerkAH Kediri Nilai Jejak Rekam Airlangga Modal Kuat Nyapres  

BerkAH menilai capaian Airlangga patut jadi modal untuk maju Pilpres 2024

Gerakan BerkAH di Kediri. BerkAH menilai capaian Airlangga patut jadi modal untuk maju Pilpres 2024
Foto: Dok Istimewa
Gerakan BerkAH di Kediri. BerkAH menilai capaian Airlangga patut jadi modal untuk maju Pilpres 2024

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI— Dukungan terhadap Airlangga Hartarto untuk menjadi Presiden di 2024 terus mengalir.

Di Kediri, Komunitas anak muda kreatif Gerakan Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto (Gerakan BerkAH) menyatakan dukungan terbuka kepada Airlangga Hartarto untuk menjadi Presiden meneruskan Presiden Joko Widodo.  

Sebelum deklarasi, dialog publik tentang ekonomi kreatif digelar dengan mendatangkan pembicara Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis IAIN Kediri, Binti Muntafarida, Juru Bicara nasional Gerakan BerkAH Rega Aditya, dan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Kediri Sigit Sosiawan.  

Tampak puluhan emak-emak, ojek online, anak muda kreatif, dan petani dari berbagai wilayah di Kediri menghadiri deklarasi di sebuah restoran di Simpang Gumul, Kediri, Rabu (23/2/2022).  

Muhammad Hasan Habibi, salah satu peserta yang juga pemimpin komunitas ojek online mengatakan Airlangga Hartarto merupakan sosok pemimpin sekaligus menteri yang memiliki kapasitas.

Menurutnya, meski masa pandemi sangat berdampak pada kehidupan ekonomi, namun program pemerintah sudah cukup baik dalam menghadapi situasi yang terjadi.  

"Saya yakin pak Airlangga Hartarto tetap menjadi Presiden atau orang nomor satu di Indonesia, karena rakyat melihat kinerja dan keseriusan beliau," kata dia.   

Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis Islam IAIN Kediri, Binti Mutafarida, menyatakan Airlangga Hartarto dikenal sebagai sosok pemimpin publik yang memiliki track record positif. "Pak Airlangga yang saya lihat visi dan cara bekerjanya amat produktif, dan hasil serta citranya juga positif," ucapnya usai acara.  

Sebelumnya, Binti memaparkan di era digital dan transformasi ekonomi seperti sekarang, ekonomi kreatif adalah masa depan. Seperti potensi desa wisata yang ada di Kediri, perlu dimaksimalkan.  

"Sehingga memberikan nilai tambah ekonomis untuk masyarakat. Potensi lain yang bisa dimaksimalkan adalah batik lokal Kediri, bisa dimaksimalkan melalui pelatihan-pelatihan marketing dan bantuan permodalan. Untuk itu tentunya butuh kerjasama antara Pemerintah Daerah dengan Pemerintah pusat untuk menggerakkan ekonomi kreatif," jelas Binti.  

Sementara itu, Ketua DPD partai Golkar Kabupaten Kediri Sigit Sosiawan menyatakan, untuk menggerakkan ekonomi kreatif salah satunya adalah stimulus permodalan.  Pemerintah pusat, seperti yang disampaikan Menko Perekonomian Airlangga telah menyediakan Kredit Usaha Rakyat tanpa agunan dan berbunga ringan.  

"Pelaku UMKM, pelaku ekonomi kreatif bisa mengakses permodalan ini. Ada juga program pemerintah yang bisa dimanfaatkan, yaitu Kartu Prakerja untuk upgrade skill, sekaligus penerima Kartu Prakerja bisa mendapat insentif. Nah, yang tadi saya sebutkan berada di bawah kewenangan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto," kata Sigit. 

Sigit menegaskan, atas kinerja yang ditunjukkan Airlangga Hartarto selama menjabat sebagai Menko Perekonian, maka menurutnya Presiden Joko Widodo terbukti tidak salah mempercayakan jabatan dan amanah kepada Airlangga. Untuk itu, DPD Golkar Kabupaten Kediri bersama kader, relawan dan simpatisan yakin mendukung Airlangga Hartarto menjadi presiden penerus Jokowi.  

"Kami melihat Ketum Airlangga sebagai sosok serba bisa. Aspek kepemimpinan yang mumpuni, tercermin dari berbagai jabatan strategis di pemerintahan, ketenangannya dalam mengemban jabatan Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali, dan kompetensi kinerja Airlangga Hartarto sebagai teknokrat di bidang ekonomi, politik dan kesejahteraan sosial, semakin memantapkan dukuangan kami," kata Sigit.  

Sigit menambahkan, pihaknya akan bekerja keras selama dua tahun mendatang untuk terus menyosialisasikan Airlangga Hartarto agar memperoleh dukungan rakyat sebagai presiden 2024.

Karena menurutnya, Airlangga sosok pimpinan partai yang peduli dan memahami kebutuhan rakyatnya.  "Saya yakin dan sudah merasakan, bahwa Ketum Airlangga mau mendengar dan mengakomodasi kepentingan masyarakat," kata dia.  

Juru Bicara Gerakan BerkAH Rega Aditya mengatakan melalui Gerakan BerkAH masyarakat dari berbagai lapisan bisa menyampaikan ide, gagasan bahkan kritik untuk menggerakan potensi lokal.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement