Kamis 17 Feb 2022 08:48 WIB

Survei Capres Versi New Indonesia: Prabowo-Anies di Puncak, Erick Masuk 7 Besar

Prabowo dan Anies menggeser Ganjar dari puncak yang elektabilitasnya turun tajam.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kanan) menempati posisi kedua dalam survei capres versi New INDONESIA Research & Consulting, di bawah Prabowo Subianto di posisi puncak. Sementara Menteri BUMN Erick Thohir masuk dalam tujuh besar.
Foto:

Sementara, suara Anies terkeret karena arah dukungan partai-partai politik kepada mantan mendikbud itu untuk maju pada Pilpres 2024. Selain Nasdem, PKS, dan Demokrat, dukungan juga datang dari PPP dan PAN. Meski begitu, Anies masih harus membuktikan prestasinya dalam sisa waktu hingga akhir masa jabatan.

"Meskipun dukungan tersebut belum final, publik semakin yakin bahwa Anies akan berlaga dalam pilpres seusai menjabat gubernur pada Oktober mendatang," kata Andreas.

Adapun turunnya elektabilitas Ganjar menjadi alarm bagi gubernur Jawa Tengah tersebut. Jika tidak ada upaya keras untuk perbaikan, elektabilitas Ganjar bisa terus melorot, ditambah lagi dengan pecahnya insiden Wadas.

Selain Prabowo, Anies, Ganjar, dan Erick Thohir, ada sejumlah nama yang masuk bursa kandidat capres. Antara lain Tri Rismaharini (3,8 persen) dan Giring Ganesha (2,3 persen). Berikutnya Khofifah Indar Parawansa (1,7 persen), Puan Maharani (1,5 persen), dan Susi Pudjiastuti (1,4 persen). Lalu ada Mahfud MD (1,3 persen), Andika Perkasa (1,1 persen), dan Airlangga Hartarto (1,0 persen). Figur lain elektabilitasnya masih di bawah 1 persen, sedangkan sisanya tidak tahu/tidak jawab (15,1 persen).

Survei NEW INDONESIA Research & Consulting dilakukan pada 1-10 Februari 2022 terhadap 1.200 orang mewakili seluruh provinsi. Metode survei adalah multistage random sampling, dengan margin of error ±2,89 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement