Selasa 15 Feb 2022 13:53 WIB

Sudin Bina Marga akan Revitalisasi Trotoar di Kawasan Kota Tua

Penataan trotoar terkait Kota Tua wilayah transit beragam moda transportasi.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas keamanan berpatroli dengan sepeda di kawasan wisata Kota Tua, Jakarta Barat, Ahad (3/10/2021).  Suku Dinas Bina Marga Jakbar berencana merevitalisasi trotoar di kawasan Kota Tua.
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Petugas keamanan berpatroli dengan sepeda di kawasan wisata Kota Tua, Jakarta Barat, Ahad (3/10/2021). Suku Dinas Bina Marga Jakbar berencana merevitalisasi trotoar di kawasan Kota Tua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suku Dinas Bina Marga Jakarta Barat (Jakbar) melakukan survei dalam rangka pekerjaan revitalisasi beberapa titik trotoar di Kota Tua, Kecamatan Taman Sari, Jakbar, Selasa (15/2/2022). Pekerjaan revitalisasi dilakukan dalam rangka menindaklanjuti program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menata kawasan wisata Kota Tua.

"Lokasi yang kita survei hari ini adalah Jalan Kemukus dan Jalan Lada Dalam," kata Sub Koordinator Urusan Pembangunan dan Peningkatan Kelengkapan Jalan Suku Dinas Bina Marga Jakbar Sigit Widodo saat dikonfirmasi di lokasi, Selasa.

Baca Juga

Sigit menjelaskan, trotoar di wilayah tersebut perlu dibenahi lantaran kawasan Kota Tua merupakan wilayah transit beragam moda transportasi. "Maka dari itu, fasilitas pejalan kaki di lokasi tersebut perlu dibenahi agar layak dipakai warga," katanya.

Sigit mengatakan, pengerjaan trotoar di dua titik itu sudah berjalan sejak Desember 2021 lalu. Saat ini, pengerjaan masih berlangsung oleh pengembang. Bahkan, saat ini ada dua ruas trotoar lagi yang akan diperbaiki namun proses pengerjaan masih dalam tahap pelelangan. "Jalan Ketumbar dan Lada Raya belum mulai karena masih proses lelang para pengembang," kata Sigit.

Menurut Sigit, revitalisasi trotoar itu tidak menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2022, melainkan menggunakan Surat Persetujuan Penunjukan Penggunaan Lokasi atau Lahan (SP3L). Sigit memperkirakan proyek revitalisasi tersebut akan rampung pada Juli 2022. "Kita mulai Desember 2021, diperkirakan Juli 2022 sudah selesai," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement