Rabu 26 Apr 2023 11:44 WIB

Sanksi Dicabut, RM Hadea Diizinkan Buka Lagi Hari Ini

RM Hadea sempat viral karena status DPP PSI, Sigit Widodo.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Lida Puspaningtyas
Rumah Makan Hadea di rest area KM 86A Tol Cipali, Jawa Barat.
Foto: Istimewa
Rumah Makan Hadea di rest area KM 86A Tol Cipali, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Astra Tol Cipali selaku pengelola Tol Cipali, mencabut sanksi yang sempat diberikan kepada Rumah Makan (RM) Hadea, yang berada di Km 86A Tol Cipali, Kabupaten Subang.

RM Hadea sebelumnya diberikan sanksi berupa penutupan selama tujuh hari, terhitung Senin (24/3/2023). Sanksi itu diberikan setelah adanya cicitan Juru Bicara DPP PSI, Sigit Widodo, yang merasa "digetok" saat makan di rumah makan tersebut.

Baca Juga

"Terkait dengan sanksi RM Hadea, kami selaku pengelola rest area Km 86 telah memberikan izin untuk beroperasi kembali per hari ini,’’ ujar Corporate Communication Astra Tol Cipali, Asri Fajarwati, kepada Republika, Rabu (26/4/2023).

Asri mengungkapkan, pencabutan sanksi itu dilakukan karena pihak RM Hadea sudah mengakui adanya perbedaan harga yang dilakukan oleh oknum penjaga. Selain itu, pemilik RM Hadea juga sudah mengambil tindakan tegas untuk memperbaiki hal itu agar tidak terulang lagi.

Seperti diketahui, kasus itu mencuat setelah Sigit membuat cicitan di akun Twitter @sigitwid. Dia yang mau mudik dari rumah di BSD, Tangerang Selatan, Banten, ke Purwokerto, Jawa Tengah melalui Tol Cipali mampir di rest area Km 86A.

Seusai makan dan ingin membayar di food court, Sigit merasa kena getok. Dia mengaku membeli dua porsi nasi ayam dan teh dalam kemasan dengan harga Rp 155 ribu. Adapun setelah dilakukan klarifikasi, harga sebenarnya adalah Rp 116 ribu.

Sigit juga melampirkan foto RM Hadea yang disinggahinya pada Sabtu (22/4/2023), yang kini status tersebut sudah dihapusnya. Status tersebut viral hingga mendapatkan respons dari pengelola rest area. Tidak sedikit warganet yang mendukungnya karena rumah makan menetapkan harga seenaknya sendiri.

Namun, sikap publik mulai berubah ketika Sigit berbincang kepada media. Dia bercerita lebih detail tentang menu makanan yang dimakannya bersama sang anak. Dia mengaku, memilih menu nasi, sepotong ayam, telur dadar, dan tahu. Adapun anaknya mengambil nasi, dua potong ayam, telur dadar, dan tempe. Keduanya juga minum teh botol.

Warganet pun berbalik arah menjadi geram dengan penjelasan Sigit, yang dianggap tidak jujur di awal. Konsekuensinya, RM Hadea sampai ditutup gara-gara status Sigit yang viral.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement