Jumat 04 Feb 2022 17:46 WIB

Menteri BUMN Beri Bantuan Alat Pertanian kepada Warga Jakbar

Menurut Erick, tanah Indonesia sangat subur dan menghasilkan beragam tumbuhan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.
Foto: Dok Kementerian BUMN
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan bantuan berupa peralatan pertanian dan berternak untuk warga Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat (Jakbar). Pemberian bantuan itu dalam rangka program Energi Tani (ET) guna mendukung para petani dapat meningkatkan produksi pertaniannnya.

"Bercocok tanam dan berternak ikan, dapat meningkatkan kualitas ekonomi. Di sisi lain, juga dapat meningkatkan kebutuhan gizi keluarga," kata Erick pada kegiatan pemberian peralatan tersebut di lahan pertanian di Jalan Kampung Salo, Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakbar, Jumat (4/2/2022).

Baca Juga

Erick memberikan bantuan berupa fasilitas greenhouse seluas 25x5 meter, kolam budidaya ikan air tawar, mesin pompa air, dan sejumlah peralatan penunjang lainnya. Menurut Erick, tanah Indonesia sangat subur dan berpotensi untuk menghasilkan beragam macam tumbuhan. Sehingga pemanfaatan lahan untuk pertanian dinilai tepat dilakukan masyarakat.

Tidak hanya lahan subur, sambung dia, warga juga harus diberikan modal berupa peralatan dan ilmu pengetahuan tentang tata cara bertani dengan baik. Erick menyebut, perlu adanya kolaborasi dari semua pihak untuk mendukung program pertanian sehingga produksinya bisa maksimal.

"Kita bisa melihat bagaimana pentingnya sesama kelompok masyarakat bisa terus merajut kerja sama, terutama pada saat situasi ekonomi yang tidak menentu," kata Erick.

Dalam program tersebut, Erick akan menggandeng pihak swasta untuk mau berkontribusi dalam memproduksi hasil tani yang berkualitas tinggi. "Dilihat dari konteksnya, pihak swasta (off-taker) memastikan hasil tani menjadi bagian konkrit dalam arti memberi kesejahteraan pada masyarakat," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement