Senin 31 Jan 2022 17:24 WIB

OTG-Gejala Ringan Isolasi Mandiri, Menkes: Biarkan RS Merawat yang Berat, Parah, Kritis

Menkes menyarankan pasien OTG dan gejala ringan Covid-19 jalani isolasi mandiri.

Tes Covid-19. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut kenaikan kasus Covid-19 akibat penyebaran varian omicron akan tinggi hingga tekanan terhadap layanan rumah sakit juga tinggi. Pasien OTG dan gejala ringan pun disarankan isolasi mandiri.
Foto:

Menkes mengatakan, 85 persen pasien Covid-19 di rumah sakit sudah sembuh. Sementara itu, delapan hingga 10 persen pasien Covid-19 bergejala sedang, berat, dan kritis membutuhkan oksigen.

"Jadi 90 persen yang masuk rumah sakit di kita itu umumnya tanpa gejala sekitar 35-40 persen dan gejala ringan itu sekitar 50 persen," katanya.

Menkes mengatakan, pasien OTG Covid-19 terkait infeksi varian omicron dapat mengonsumsi vitamin. Sementara orang dengan gejala ringan diminta untuk segera mengakses aplikasi telemedisin dan bisa juga membeli obat antivirus.

photo
Syarat-syarat pasien Omicron bisa isoman di rumah - (Republika)

"Lima organisasi profesi (kedokteran) merekomendasikan dua obat, dan yang sudah disetujui oleh organisasi profesi adalah avigan atau favipiravir dan molnupiravir. Tapi ini harus dengan resep," paparnya.

Menkes menyampaikan, pemerintah telah menyiapkan obat antivirus lebih dari 20 juta dosis. Ia menyerukan agar masyarakat tidak perlu khawatir tentang ketersediaan obat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement