Jumat 28 Jan 2022 00:48 WIB

Pemkot Jakbar Layani Perbaikan Surat Penting Milik Warga Korban Banjir

Antusiasme warga cukup tinggi terutama yang mengurus pencetakan ulang KTP elektronik

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan perekaman data Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik. Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) melayani perbaikan surat dan dokumen penting kependudukan milik 50 warga yang terdampak banjir. Ilustrasi.
Foto: Antara/Siswowidodo
Petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan perekaman data Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik. Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) melayani perbaikan surat dan dokumen penting kependudukan milik 50 warga yang terdampak banjir. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) melayani perbaikan surat dan dokumen penting kependudukan milik 50 warga yang terdampak banjir beberapa hari lalu. Sejumlah surat penting milik warga itu terdiri dari Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Akta Kelahiran.

"Untuk hari pertama kita sudah layani 50, terdiri dari pencetakan KTP elektronik sampai ganti kartu keluarga dan barcode," kata Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Barat Rosyik Muhammad saat dihubungi di Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Baca Juga

Rosyik mengatakan 50 warga itu mengurus perbaikan dokumen kependudukan di gerai kawasan Jalan Prepedan RT 01/03 Kelurahan Tegal Alur. Menurutnya antusiasme warga cukup tinggi terutama yang mengurus pencetakan ulang KTP elektronik ketika mendatangi gerai yang disediakan Pemkot Jakarta Barat.

Berkaca pada tingginya animo masyarakat tersebut, Pemkot Jakarta Barat berencana akan membuka kembali pelayanan jemput bola. Namun untuk saat ini, warga yang mau memperbaiki surat-surat tersebut diharapkan untuk mendaftar ke pengurus RT setempat. "Kita beri jeda waktu supaya pak RT menyiapkan dokumen warganya yang kebanjiran," kata Rosyik.

Setelah daftar warga dan dokumennya terkumpul, pihaknya akan melakukan pelayanan lagi di lokasi tersebut. Rosyik berharap layanan tersebut bisa membantu masyarakat memperbarui data diri sehingga tidak perlu kesulitan dari segi administrasi di kemudian hari.

Sebelumnya, beberapa wilayah di Jakarta Barat sempat terendam banjir saat hujan deras pada pekan lalu. Ada beberapa wilayah yang terendam yakni Tegal Alur, bantaran Kali Semongol, Kalideres, hingga jalan Raya Tanjung Duren.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement