Ahad 19 Dec 2021 23:57 WIB

Bobby Nasution Dorong Digitalisasi UMKM dan Ekosistem Startup 

Wali Kota Medan Bobby Nasution kunjungi STMIK Primakara di Bali

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Wali Kota Medan Bobby Satria mengunjungi STMIK Primakara, Ahad (12/19) untuk mengetahui pengembangan ekosistem startup. Hal ini untuk memacu pertumbuhan ekonomi digital dan ekonomi kreatif di Bali.
Foto:

Ketua STMIK Primakara Made Artana mengungkapkan tujuan awalnya kunjungan Bobby Nasution kali ini dapat sharing dan diskusi terkait ekosistem ekonomi digital dan kreatif. “Sebetulnya kunjungan beliau ini spiritnya sharing dan diskusi terkait dengan ekosistem ekonomi digital dan kreatif. Beliau sebenarnya tidak ingin memberikan speech tapi lebih banyak sharing dan mendengar,” ucapnya.

Namun demikian pihaknya berharap adanya jalinan kerjasama yang lebih konkret dari kunjungan Walikota Medan bagi perkembangan startup dan penguatan ekosistem startup serta ekonomi digital di Bali maupun Medan. “Selain sharing kondisi masing-masing tempat, lebih konkret lagi ke depan semoga ada kerjasama yang lebih riil. Harapannya kita ke depan bisa bekerjasama antar kampus, pemerintah dan antar startup,” ucapnya.

Dalam kunjungan ini, Bobby Nasution juga tertarik dengan sejumlah startup binaan Inkubasi Bisnis STMIK Primakara salah satunya Panak.id yang membantu pengembangan usaha ternak Bali dan menghadirkan solusi investasi di sektor peternakan.

“Startup yang kita tampilkan menarik perhatian beliau karena relevan dan inline dengan permasalahan di Medan. Contohnya terkait dengan pendanaan peternak dari Panak.id cukup menjadi konsern beliau,” ucapnya.

CEO Bithub (Bali Initiative Hub) Ida Bagus Agung Gunartawa menambahkan kunjungan Walikota Medan ke STMIK Primakara merupakan bagian tak terpisahkan dari upaya konsolidasi menguatkan kolaborasi dan jejaring yang kuat dalam membangun ekonomi kreatif sebagai bagian upaya mencari sumber ekonomi baru dalam pemulihan ekonomi Bali pada masa pandemi Covid-19 dan pasca pandemi Covid-19. Adapun beberapa data menunjukkan ekonomi kreatif Bali punya potensi dan akan berkembang ke depannya.

“Ini inline dengan output dari beberapa konsolidasi kita dari kemarin. Dari awal sejak kehadiran Bapak Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki sudah mengerucut salah satu strategi pemulihan ekonomi Bali adalah menemukan sumber-sumber ekonomi baru, ekonomi kreatif dan digital menjadi salah satu kandidat,” ucapnya.

Kedua, sambung Direktur Pemasaran Indonesia Creative Cities Network (ICCN) ini, strateginya tidak menunggu dunia mengunjungi Bali tapi produk-produk UMKM dan startup Bali yang didorong mendunia, mengunjungi dunia terutama melalui ekspor. 

 

“Produk UMKM Bali kita dorong ekspansif ke pasar internasional,” ucapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement