Sabtu 18 Dec 2021 13:22 WIB

752 UMKM di Kabupaten Bandung Tergabung Komunitas usAHA

Dari pembinaan, pelaku UMKM dapat mengelola usahanya secara mandiri.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Pedagang bubur bernana Mamat (59) berterima kasih karena dagangannya diborong sebanyak 100 bungkus di program usAHA borong usaha.
Foto: Istimewa
Pedagang bubur bernana Mamat (59) berterima kasih karena dagangannya diborong sebanyak 100 bungkus di program usAHA borong usaha.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebanyak 752 UMKM di Kabupaten Bandung telah tergabung dalam komunitas UMKM usAHA binaan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. UMKM usAHA ini telah melakukan beberapa program pemberdayaan UMKM di Kabupaten Bandung. 

Hal itu disampaikan Koordinator UMKM usAHA Kabupaten Bandung, Wahyu Agustiansyah." Di antaranya adalah Program Pelatihan Wirausaha Maju," kata dia, Sabtu (18/12). 

Sebanyak 752 UMKM telah mengikuti pelatihan secara daring. Ini karena, situasi pandemi saat itu, tidak memungkinkan melakukan kegiatan luring.

Wahyu menjelaskan, kini setelah situasi pandemi membaik, UMKM usAHA menggelar acara usAHA on The Road keliling Jawa Barat. Di dalamnya ada program usAHA borong usaha, usAHA bantu usaha, dan usAHA Kita. Dalam program usAHA Kita, pelaku UMKM akan dibantu promosi usahanya oleh influencer melaui sosial media.

“Sekitar Agustus lalu kita sudah mulai mengadakan program pelatihan kewirausahaan secara online, lalu bantu promosi produk, dan satu lagi hari ini kita borong dagangan UMKM,” kata Wahyu.

Wahyu mengatakan, banyak yang menghubungkan UMKM usAHA dengan pencapresan Airlangga di 2024 mendatang. “Kalau ada yang menghubungkan ke pencapresan, saya sih selalu bilang ‘doakan aja’,” katanya.

Wahyu berharap, dari hasil pembinaan tersebut para pelaku UMKM dapat mengelola usahanya secara mandiri. Agar, nantinya bisa merangkul UMKM lainnya di luar 752 UMKM tersebut.

Sementara itu, kegiatan memborong dagangan UMKM yang kali ini diadakan di Kampung Sompok RT 03 RW 22, Desa Sangkanhurip, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung, disambut positif oleh para pedagang maupun masyarakat setempat.

Seorang pedagang bubur bernana Mamat (59 tahun) berterima kasih karena dagangannya diborong sebanyak 100 bungkus. Menurut Mamat, Airlangga merupakan tokoh yang sangat memperhatikan nasib UMKM seperti dirinya.

“Alhamdulillah, dagangannya diborong habis. Maju terus Pak Airlangga, saya doakan jadi presiden,” kata Mamat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement