Selasa 14 Dec 2021 06:05 WIB

Omicron Melonjak, Menlu Minta WNI tak ke Luar Negeri

Ada 70 negara atau wilayah yang telah mendeteksi masuknya varian Omicron.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Fuji Pratiwi
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi. Menlu meminta WNI tak ke luar negeri karena kasus infeksi varian Omicron tengah meningkat.
Foto: Kena Betancur/Pool Photo via AP
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi. Menlu meminta WNI tak ke luar negeri karena kasus infeksi varian Omicron tengah meningkat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah meminta seluruh masyarakat Indonesia agar tak melakukan perjalanan ke luar negeri jika tak memiliki kepentingan yang sangat mendesak. Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi masuknya kasus baru varian omicron ke Tanah Air.

"Pemerintah meminta dengan sangat, mengimbau dengan sangat, bagi warga negara Indonesia (WNI) yang tidak memiliki kepentingan yang sangat mendesak untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri," ujar Retno saat konferensi pers seusai rapat terbatas PPKM bersama Presiden Jokowi, Senin (13/12).

Baca Juga

Ia menjelaskan, hingga saat ini sudah lebih dari 70 negara atau wilayah yang telah mendeteksi masuknya varian omicron, baik berupa kasus konfirmasi maupun suspek. Di antara negara-negara tersebut, salah satunya negara di sekitar Indonesia.

Selain itu, Retno melanjutkan, Pemerintah Inggris juga telah menaikkan level kewaspadaan negaranya terhadap varian omicron setelah mengalami lonjakan kasus hingga dua kali lipat dalam satu hari.

 

Kendati demikian, berdasarkan perkembangan bukti-bukti dari WHO, penyebaran dan penularan dari varian omicron ini masih memiliki bukti yang sangat terbatas. Begitu juga dengan efektivitas vaksin terhadap varian ini yang masih terus diteliti.

"Dengan masih terbatasnya bukti-bukti, tidak ada cara lain bagi kita untuk terus berhati-hati dan waspada. Selain melakukan akselerasi vaksinasi, mematuhi protokol kesehatan, maka diperlukan upaya untuk membatasi pergerakan," kata Retno menegaskan.

Sementara itu, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga meminta agar masyarakat mengurangi rencana kegiatan ke luar negeri pada masa libur akhir tahun nanti. Ia ingin masyarakat mengalihkan kegiatannya ke berbagai daerah di Indonesia sekaligus untuk membantu pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

"Imbauan dari pemerintah untuk kita mengurangi dulu perjalanan ke luar negeri karena tadi sudah disampaikan Bu Menlu, bagaimana di Inggris sekarang omicron melonjak begitu cepat. Jadi, jangan kita gagah-gagahan. Libur dalam negeri, bantulah ekonomi dalam negeri kita," ujar Luhut.

Baca juga : Peringatan Datangnya "Gelombang Omicron," Ratusan Orang Datangi Tempat Vaksinasi

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement