Jumat 10 Dec 2021 14:00 WIB

Mang Oded Terkena Serangan Jantung Setelah Rakaat Pertama Sholat Sunnah

Mang Oded terlihat lemas menuju rakaat kedua dan langsung dibantu pengurus masjid.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Agus raharjo
Wali Kota Bandung Oded M Danial
Foto: Edi Yusuf/Republika
Wali Kota Bandung Oded M Danial

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Wali Kota Bandung Oded M Danial yang berusia 60 tahun pada November kemarin menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 11.55 WIB, Jumat (10/12) di Rumah Sakit Muhammadiyah, Kota Bandung. Ia diduga mengalami serangan jantung saat melaksanakan sholat sunah sebelum menjadi khotib Jumat.

Salah seorang staf Humas Pemkot Bandung Andryan Ramadhany menuturkan kronologis peristiwa tersebut. Ia saat kejadian tengah berada di barisan depan saf sholat Jumat dan melihat langsung kondisi Mang Oded terakhir kali.

Baca Juga

"Jadi pertama Mang masuk ke masjid disambut sama sekretariat Masjid Al Muhajirin Muhammadiyah, dua sampai tiga menit langsung naik ke masjid karena masjid di lantai dua langsung duduk di saf depan berbarengan dengan asisten satu kabag kesra dan sekretariat Muhajirin," ujarnya saat ditemui di rumah sakit Muhammadiyah, Jumat (10/12).

Selanjutnya, Mang oded melaksanakan sholat sunah dua rakaat. Namun, ia melihat kondisi Mang Oded yang letih saat hendak menjalankan rakaat kedua hingga akhirnya mendapatkan bantuan dari para pengurus masjid untuk dibaringkan.

 

"Lalu sholat sunah biasa dua rakaat, kelihatan lemes nggak tahu gimana dari rakaat satu mau ke rakaat dua posisi Pak Wali nggak tahu mau ruku tapi terlihat lemas setelah itu dibantu pengurus Al Muhajirin direbahkan langsung dikasih info dari medis ternyata nggak ada medis," katanya.

Andri mengatakan almarhum langsung dibawa menggunakan tandu ke ambulans untuk selanjutnya dibawa ke rumah sakit Muhammadiyah. "Langsung dibawa ke rumah sakit menggunakan tandu ke ambulans datang dibawa ke rumah sakit," katanya.

Informasi yang dikutip dari website humas Pemkot Bandung, disebutkan Oded M Danial lahir di Tasikmalaya pada 15 November 1962. Mang Oded menghabiskan masa kecil hingga remaja di kota yang terkenal dengan kerajinan bordirnya itu.

Mang Oded menyelesaikan masa pendidikan dasar hingga menengah di kota ini. Ia bersekolah di di SD Lengkong (1969-1975), ST Negeri 1 Tasikmalaya (1975-1978), dan STM Negeri Tasikmalaya (1978-1982). Sedangkan pendidikan tingginya ditempuh di Kota Bandung, tepatnya di Universitas Pasundan (2014-2017).

Pria berkacamata yang hobi olahraga dan menjalin silaturahim ini, sebelum terjun menjadi politikus, pernah bekerja di Industri Pesawat Terbang Nasional/IPTN (sekarang PT Dirgantara Indonesia/PT DI) pada kurun waktu 1983-1999. Selepas bekerja di IPTN, Mang Oded mulai terjun di dunia politik dan bergabung dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Berselang lima tahun sejak terjun ke dunia politik, Mang Oded terpilih menjadi anggota DPRD Kota Bandung periode 2004-2008. Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2013, Ia kembali terpilih menjadi anggota DPRD Kota Bandung periode 2008-2013. Di periode ini, Mang Oded menduduki jabatan sebagai Ketua Fraksi PKS di DPRD Kota Bandung.

Baca juga : Innalillahi, Wali Kota Bandung Oded M Danial Meninggal Dunia

Di PKS, Mang Oded pernah menduduki jabatan penting, yaitu Ketua Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) PKS Kota Bandung periode 2005-2010 dan Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kota Bandung periode 2010-2015.

Karier Mang Oded di dunia politik semakin bersinar saat memenangi Pemilihan Wali Kota/Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2013. Pada Pilwalkot 2013, Mang Oded mencalonkan diri menjadi Wakil Wali Kota berpasangan dengan Ridwan Kamil yang mencalonkan menjadi Wali Kota Bandung. Mang Oded menjadi Wakil Wali Kota Bandung periode 2013-2018. Lalu, pada 2018 pria yang mempunyai motto hidup, ahsanu amala atau amal terbaik ini, dilantik menjadi Wali Kota Bandung periode 2018-2023.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement