Rabu 24 Nov 2021 22:11 WIB

Kunjungi Papua, Andika Disarankan Temui Tokoh yang Tepat

Andika akan berkunjung ke Papua untuk kali pertama sebagai Panglima TNI.

Rep: Flori Sidebang, Fauziah Mursid/ Red: Andri Saubani
 Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang baru diangkat tersenyum saat upacara serah terima di Markas Besar Militer Indonesia di Jakarta, Kamis (18/11).
Foto:

Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga meminta Panglima TNI yang baru dilantik, Jenderal Andika Perkasa untuk memantau secara intensif perkembangan situasi Papua. Pernyataan itu disampaikan Wapres saat menemui Andika dalam rangka safari usai dilantik pada 17 November lalu di kediaman resmi Wapres, Jakarta, Rabu (24/11).

"Karena beliau sebagai Panglima, Wapres juga minta memantau terus perkembangan-perkembangan nasional seperti apa, khususnya di Papua," ujar Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi dalam keterangan persnya, Rabu (24/11).

Masduki mengatakan, dalam pertemuan tersebut Wapres menyampaikan fokus pemerintah dalam membangun kesejahteraan masyarakat Papua. Namun kata Wapres, untuk mendukung pembangunan kesejahteraan tersebut membutuhkan situasi dan kondisi Papua yang kondusif.

"Sementara yang kita tahu bahwa yang namanya Panglima TNI punya tanggung jawab bagaimana supaya Papua aman. Di situlah tadi ada pembicaraan secara khusus bagaimana landasan-landasan pengamanan di Papua yg akan dijadikan kebijakan oleh Panglima yang baru,\" kata Masduki.

Wapres menilai pembangunan kesejahteraan Papua akan terwujud jika  keamanan di wilayah tersebut juga kondusif. Karena itu, ia berharap kebijakan yang diambil Panglima TNI juga menggunakan pendekatan humanistik.

"Sehingga itu kan harus berjalan seiring antara pendekatan-pendekatan keamanan yang di humanistik dengan pendekatan kesejahteraannya," katanya.

photo
Ilustrasi Otsus Papua Jilid II - (republika/kurnia fakhrini)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement