Ahad 21 Nov 2021 10:16 WIB

Trofi Juara Umum MTQ Korpri Nasional 'Terbang' ke Kalsel

Kalsel dikenal sebagai daerah religius dan banyak tuan guru dan alim ulama

  Kontingen Korpri Kalsel berhasil meraih juara umum pada gelaran MTQ Korpri yang dilaksanakan  sejak tanggal 14 November-19 November 2021 ini.
Foto: Pemprov Kalsel
Kontingen Korpri Kalsel berhasil meraih juara umum pada gelaran MTQ Korpri yang dilaksanakan sejak tanggal 14 November-19 November 2021 ini.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin mengungkapkan syukur dan apresiasi tinggi kepada Kafilah Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kalsel, atas prestasi sebagai juara umum pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-5 Korpri Nasional 2021, di Sulawesi Tenggara.

Kontingen Korpri Kalsel berhasil meraih juara umum pada gelaran MTQ Korpri yang dilaksanakan  sejak tanggal 14 November-19 November 2021 ini. "Saya sangat bersyukur atas  pencapaian prestasi membanggakan ini. Di mana  Korpri Kalsel tampil sebagai  juara umum tingkat nasional," kata Paman Birin, Sabtu (20/11) malam.

Baca Juga

Ia mengatakan prestasi yang membanggakan bagi Korps ASN Kalsel ini diharapkan bisa  dipertahankan. Pasalnya, Kalsel dikenal sebagai daerah religius dan memiliki banyak para tuan guru dan alim ulama.

photo
Kontingen Korpri Kalsel berhasil meraih juara umum pada gelaran MTQ Korpri yang dilaksanakan sejak tanggal 14 November-19 November 2021 ini. - (Pemprov Kalsel)

 

Sekda Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar, juga mengucapkan selamat atas prestasi membanggakan yang ditorehkan para kafilah, ASN. Roy Rizali mengatakan, prestasi sebagai juara umum nasional yang ditorehkan Korps ASN Kalsel sangat mengharumkan nama baik daerah.

Sementara itu Plt Karo Kesra Kalsel Mustajab mewakili kafilah Kalsel menerima piala bergilir juara umum MTQ Korpri yang diserahkan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi didampingi Ketua Korpri Nasional Zudan Arif  di Tugu MTQ Kendari, Jumat (19/11) malam.

Penutupan MTQ V Korpri Tahun 2021 dilakukan oleh Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, mewakili pemerintah pusat yang mana pada pembukaan dilakukan oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas.

Disebutkannya raihan tersebut tak lepas dari dorongan dan arahan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang memberikan motivasi kepada kafilah Kalsel agar berprestasi di akang MTQ Korpri tersebut. “Hasil kerja keras dari seluruh peserta, para pelatih dan juga yang sangat penting adalah dukungan, arahan dan bimbingan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor dan Wakil Gubernur Kalimantan, Muhidin serta  Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar,” ujar Mustajab.

Ia juga mengucap terima kasih atas dukungan dan doa dari semua pihak kepada kafilah Kalsel. Kalimantan Selatan berhasil mengungguli sederet provinsi seperti Jawa Timur, Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Sulawesi Tenggara selaku tuan rumah.

Dengan prestasi ini diharapkan menjadi motivasi dan nilai tambah bagi Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah MTQ Nasional ke-29 Tahun 2022 yang akan datang. “Kita berharap keberhasilan ini merupakan langkah awal yang baik bagi persiapan kita Provinsi Kalimantan Selatan yang pada Tahun 2022 dipercaya oleh pemerintah menjadi tuan rumah MTQ, tentunya kita juga ingin terus mempertahankan prestasi ini,” kata Mustajab.

Seperti diketahui, MTQ Korpri 1 digelar di Sulawesi Selatan tahun 2012, tampil sebagai juara umum Provinsi Sumatera Utara. Kemudian pada MTQ Korpri kedua, di Aceh tahun 2014, predikat huara umum diraih Kementerian Agama RI.

MTQ ketiga di Kaltim, piala trofi  juara umum dianugerahkan kepada Sulawesi Tenggara. MTQ Korpri keempat di DKI Jakarta, juara umum Provinsi Banten. Dan pada MTQ Korpri Nasional kelima di Sulawesi Tenggara, Trofi Juara Umum terbang ke Kalimantan Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement