Jumat 12 Nov 2021 14:45 WIB

Jajal Sirkuit Mandalika, Jokowi: Saya Enggak Berani Ngebut

Presiden Jokowi mengatakan Sirkuit Mandalika siap untuk ajang World Superbike

Rep: Dessy Suciati Saputri, Antara/ Red: Bayu Hermawan
Presiden Joko Widodo bersiap mencoba lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (12/11/2021). Presiden Jokowi mencoba langsung sirkuit tersebut sekaligus meresmikannya.
Foto: Antara/Setpres/Agus Suparto
Presiden Joko Widodo bersiap mencoba lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (12/11/2021). Presiden Jokowi mencoba langsung sirkuit tersebut sekaligus meresmikannya.

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK TENGAH -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada Jumat (12/11). Jokowi menilai 17 titik tikungan yang ada di Sirkuit Mandalika sepanjang 4,3 kilometer merupakan tikungan yang tajam dan sulit.

"Saya kira banyak tikungan tajam, ada 17 titik tikungan dan saya kira semuanya sulit-sulit. Tapi itu untuk saya, kalau pembalap mungkin tidak," ujarnya kepada wartawan sembari tersenyum.

Baca Juga

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengaku, saat menjajal Sirkuit Mandalika, dirinya tidak berani memacu motor kebut-kebutan. Karena, kondisi lintasan yang sedang basah setelah diguyur hujan.

"Sirkuit Mandalika ini sirkuit baru. Apalagi baru saja hujan, jadi saya enggak berani ngebut. Meski enggak berani ngebut yang lain-lain masih jauh tertinggal," ujarnya dengan galak tawa bersama wartawan.

Saat menjajal lintasan Sirkuit Mandalika, Presiden Jokowi ditemani sejumlah rombongan menteri, diantaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Kemudian, Ketua MPR sekaligus Ketua IMI Pusat, Bambang Soesatyo, Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer, Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah, Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal dan Danrem 162/WB Brigjen Ahmad Rizal Ramdhani. 

Sedangkan, pelepasan rombongan presiden dengan memegang bendera start Menteri BUMN Erick Thohir. Motor yang dikendarai Presiden merupakan motor Kawasaki W175, dengan gaya Bobber yang juga bernuansa Cafe Racer, oleh bengkel modifikasi Katros Garage.

photo
Presiden Joko Widodo (kiri) mengendarai sepeda motor custom Kawasaki W175 saat mencoba lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (12/11/2021). Presiden Jokowi mencoba langsung sirkuit tersebut sekaligus meresmikannya. - (ANTARA /Setpres/Agus Suparto)

Motor Presiden bertuliskan RI 1, serta ada tulisan nama Jokowi di bagian tangki. Motor dimodifikasi dengan ban besar atau yang dikenal dalam dunia modifikasi dengan jenis "ban gambot" serta suspensi depan model upside down yang biasa diaplikasikan oleh motor performa tinggi.

Presiden menjajal lintasan Sirkuit Mandalika dengan mengenakan jaket motor Rabbit & Wheels dan bawahan celana panjang balap berwarna hitam, serta mengenakan helm lokal buatan Bandung, Jawa Barat, merek RSV. Sedangkan dalam peresmian sirkuit, Presiden Jokowi mengatakan Sirkuit Mandalika dengan panjang 4,3 kilometer nantinya menjadi tuan rumah ajang balap World Superbike (WSBK) pada 19-21 November 2021 dan MotoGP pada Maret 2022.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Online (@republikaonline)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement