Jumat 12 Nov 2021 10:39 WIB

Monumen TMP Dreded Disebut Lebih Bagus daripada Kalibata

Orneman di TMP Dreded menampilkan gambar Jenderal Sudirman dan Mayor Oking.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Forkopimda Kota Bogor berpose di depan monumen Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded, Kota Bogor, Jawa Barat, yang baru selesai direvitalisasi.
Foto: Dok. Prokopim Pemkot Bogor
Forkopimda Kota Bogor berpose di depan monumen Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded, Kota Bogor, Jawa Barat, yang baru selesai direvitalisasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Monumen Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded, Kota Bogor yang baru saja direvitalisasi menampilkan ornamen pahlawan nasional dan asal Bogor. Ornamen pahlawan yang ditampilkan dibuat menggunakan bahan tembaga, rampung empat hari menjelang Hari Pahlawan pada tahun ini.

Kepala Bidang (Kabid) Data dan Penyuluhan Sosial Dinsos Kota Bogor, Okto Muhammad Ikhsan, menjelaskan, revitalisasi monumen TMP Dreded dilatarbelakangi kondisinya yang terlihat sudah lapuk dan sudah banyak kerusakan. Kemudian, Pemkot Bogor melalui Dinsos merevitalisasi monumen itu menggunakan konsep baru.

Dia menjelaskan, gambar Jenderal Sudirman dan Mayor Oking dipilih untuk dijadikan monumen. Hal itu, sesuai arahan Dandim 0606/Kota Bogor Kolonel Roby Bulan yang bertujuan mengusung pahlawan nasional dan pahlawan lokal Kota Bogor.

Baca: Warga Ziarahi TMP Kalibata di Hari Pahlawan

"Konsep yang dimaksud kita menghadirkan dengan nuansa taman tanpa menghilangkan nilai-nilai budaya yang sudah ada, dimasukkan juga unsur kujang didalamnya. Pada umumnya monumen taman makam pahlawan," kata Okto di Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (11/11).

Okto mengatakan, proses revitalisasi dimulai sekitar empat bulan yang lalu, dengan pagu anggaran kontrak berdasarkan hasil lelang sebesar Rp 960 juta. Pekerjaan itu rampung pada Sabtu (6/11), atau empat hari menjelang perayaan Hari Pahlawan.

Untuk pengembangan ke depan, sambung dia, nama pahlawan yang dimakamkan di TMP Dreded akan ditambah di pagar depan ketika proses renovasi selesai. Untuk gambar yang menjadi ornamen baru, menurut Okto, tema yang digunakan diserahkan kepada Kodim 0606/Kota Bogor.

"Fasilitas lain akan dibangun, mulai dari rumah singgah yang dilengkapi dengan perpustakaan dan lukisan para pahlawan agar para generasi muda lebih mengenal para pahlawan yang dimakamkan di TMP Dreded," katanya.

Baca: Jokowi Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, mengatakan revitalisasi yang dilakukan Pemkot Bogor tidak berhenti sampai di sini. Pemkot Bogor dengan dukungan DPRD Kota Bogor, kata dia, siap melanjutkannya penataan TMP Dreded.

"Rencananya akan ada rumah singgah, taman dan titik yang membuat para generasi muda Kota Bogor mampu mengenali kiprah sosok-sosok pahlawan yang beristirahat di TMP Dreded sebagai pembelajaran dan inspirasi serta berkah bagi semua," kata politikus PAN tersebut.

Bima menyebutkan, di TMP Dreded ada 1.072 jasad pahlawan yang bersemayam dari total kapasitas 1.300 makam. Ke depan, Pemkot Bogor berkeinginan untuk menghidupkan seluruh cerita tentang kepahlawanan hingga anak, cucu, dan akhir zaman. "Mereka layak mendapatkan penghargaan dan kemuliaan yang setinggi-tingginya dari kita semua," tuturnya.

Apresiasi diungkapkan perwakilan dari keluarga pejuang yang dimakamkan di TMP Dreded. Erwin Gunawan, cucu dari salah satu personel Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) presiden pertama Indonesia, Sukarno, almarhum Mayor CPM (Purn) Acep Sumanang yang wafat pada 2000.

Pada tampilan terbaru, pada dua sisi bagian utama monumen dibuat gambar pahlawan dengan menggunakan bahan tembaga. Menurut Erwin, tampilan tersebut menjadikan TMP Dreded lebih bagus dibandingkan TMP Kalibata Jakarta.

"Alhamdulillah sekarang Monumen TMP Dreded sudah lebih baik dibanding sebelumnya yang menurut saya sudah terlalu tua. Sekarang kondisinya sudah mantap banget, lebih menggambarkan semangat perjuangannya," kata Erwin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement