Kamis 11 Nov 2021 15:12 WIB

Peluang dan Tip dalam Membangun Start Up

UBSI memiliki BSI Startup Centre yang fokus membantu mahasiswa bangun usaha rintisan

BSI StartUp Centre (BSC) merupakan komunitas yang berada dibawah naungan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). BSC memiliki tujuan untuk menjembatani mahasiswa di kampusnya yang telah memiliki usaha dibidang IT, serta menjadi startUp yang bisa berguna untuk masyarakat.
Foto:

 

Tips Dalam Membangun Startup

Membangun startup tidaklah mudah, banyak sekali pengusaha-pengusaha yang baru saja merintis, hanya dapat berjalan ditempat, bahkan gagal dan menyerah. Untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut terdapat beberapa tips untuk kamu yang ingin membangun startup. 

1. Jangan Cepat Puas

Tips pertama yang harus dilakukan, jika ingin membangun startup yakni jangan cepat puas dengan hasil sendiri. Teruslah mencari-cari celah yang masih kosong, juga banyak bertanya dan belajar cara mengembangkan statrup.  Sebab, seseorang yang punya startup harus dapat memberikan sebuah jawaban bagi permasalahan dan juga pasar yang sudah ada.

2. Percaya Diri

Tips kedua yakni tetap percaya diri. Namanya usaha pasti ada pasang surutnya, kadang di atas dan kadang di bawah. Namun, kita sebagai pelaku usaha jangan pernah punya pikiran untuk menyerah, oleh karena itu, harus tetap semangat. 

Dalam membangun startup yang sukses, kita terlebih dulu harus bisa meyakinkan diri kita, bahwa startup yang akan dibuat dapat memberikan manfaat serta dapat berkembang dan bertahan lama. 

Sebagai pelaku startup, harus yakin bahwa usaha yang dibangun akan sukses dan dapat bermanfaat di khalayak luas. Dengan pemikiran positif dan penuh percaya diri, kemungkinan besar akan membawa hal yang baik pula dalam bisnis yang dibangun. 

3. Buat Roadmap Usaha

Tips yang ketiga ialah membuat Roadmap Usaha, dimana Roadmap Usaha merupakan petunjuk untuk menjalankan suatu hal agar dapat mencapai suatu tujuan. Hal ini sangat perlu dilakukan, sebab, terkadang pelaku startup sering kali lupa akan suatu tindakan yang semestinya dilakukan. 

4. Andalkan Digital Marketing

Tips yang keempat dalam membangun startup yakni manfaatkan digital marketing. Sudah sangat jelas bahwa startup dan digital marketing tidak dapat terpisahkan. Namun, beberapa pelaku startup lebih fokus pada pemanfaatan teknologi digital dibandingkan memanfaatkannya dalam pemasaran.

Untuk dapat memanfaatkan pemasaran di bidang startup, maka sebagai pelaku startup harus dapat mengandalkan Google Ads, SEO dan media sosial. Selain itu, dapat juga mendaftarkan diri  pada mesin pencari (Search Engine) untuk merespon masukan, membangun citra, dan juga membangun brand sesuai karakteristik bisnis startup.

5. Ikut Bergabung Dalam Komunitas StartUp

Tips terakhir dan paling penting ialah ikut bergabung dalam komunitas startup. Hal ini sangat perlu dilakukan, apabila ingin membangun sebuah startup. Selain mendapatkan teman dari pelaku startup lain, kita akan mendapatkan pengalaman dan wawasan dari komunitas tersebut. Salah satu contohnya yakni BSI StartUp Center (BSC). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement