REPUBLIKA.CO.ID, Memiliki usaha yang terkenal dan berkembang, pasti menjadi impian bagi banyak orang, apalagi kalau punya bisnis startup. Yup, startup merupakan bisnis yang usianya masih terbilang baru, atau lebih jelasnya usaha yang baru saja merintis dengan pemanfaatan teknologi digital. Ciri dari startup sendiri merupakan salah satu usaha yang masih berkaitan erat dengan teknologi seperti, web, aplikasi ataupun jenis lainnya.
Namun, diantara banyaknya masyarakat Indonesia, ada sebagian orang yang masih awam akan mendirikan usaha dalam memulai, mendirikan hingga mengembangkan startup. Padahal, membangun start-up tak hanya harus punya modal yang banyak saja, melainkan ada beberapa hal yang harus di perhatikan. Seperti dengan membentuk tim yang solid, kepercayaan diri dan masih banyak lagi. Selain harus memerhatikan beberapa tips tersebut, peluang dari startup juga sangat luas.
Peluang Bisnis StartUp di Indonesia
Banyak peluang untuk mendirikan bisnis stratup. Salah satunya, di Bandung. Dimana daerah tersebut memiliki komunitas sendiri, yakni Bandung Digital Valley dan Asosiasi Inkubator Indonesia.
Selain itu, perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia telah melakukan program rutin inkubasi dan pelatihan bisnis, sama halnya dengan Google Gapura Digital. Oleh karenanya, saat ini di Indonesia, telah memiliki 1000 pelaku bisnis dengan perkembangan yang cukup baik.
Meski sudah banyak yang menjalankan usaha startup, namun startup di Indonesia masih belum bervariasi, layaknya di Amerika Serikat. Maka dari itu, jika ingin memiliki atau membangun startup di Indonesia, carilah celah pasar yang sudah ada kemudian kembangkan.